TNI AL Berhasil Kumpulkan 45 Kantong Darah di Dumai

  • Bagikan
TNI AL Donor Plasma Konvalesen dan Donor Darah di Dumai
TNI AL mengadakan Serbuan Plasma Konvalesen dan Donor Darah dilakukan serentak di seluruh Indonesia untuk mempercepat penanganan pandemi COVID-19. Kegiatan berlangsung di Gedung Wijaya Kusuma Mako Lanal Dumai, Jalan Yos Soedarso, Kelurahan Buluh Kasap, Kecamatan Dumai Timur, Kamis (12/8/21).
TNI AL Dumai Donor Darah5
TNI AL Dumai Donor Darah4
TNI AL Dumai Donor Darah3
TNI AL Dumai Donor Darah2
TNI AL Dumai Donor Darah1

Menit.co.id – Bekerja sama dengan PMI Kota Dumai, TNI AL Pangkalan TNI Angkatan Laut Dumai melaksanakan kegiatan peduli serbuan donor plasma konvalesen dan donor darah dalam rangka perayaan Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Kegiatan yang digelar pada masa pandemi Covid-19 ini merupakan program TNI AL untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dari dampak kesulitan untuk mendapatkan transfusi darah di bank darah maupun rumah sakit sangat terbatas.

Dengan menerapakan protokol kesehatan, peduli donor plasma konvalesen dan donor darah dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia itu dipimpin langsung Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M

Acara yang dihadiri Ketua Umum PMI Jusuf Kalla melalui Video Conference dari Mako Kolinlamil Jakarta, dikuti Komandan Lanal Dumai Kolonel Laut (P) Himawan, MMSMC, secara virtual dari Gedung Wijaya Kusuma Mako Lanal Dumai, Kamis (12/8/21).

Komandan Lanal Dumai yang juga didampingi Ketua Jalasenastri Cabang 4 Korcab I DJA1 Reni Himawan, secara langsung memimpin kegiatan peduli serbuan donor plasma konvalesen dan donor darah tersebut.

“Donor darah yang kita laksanakan sebagai wujud rasa kemanusiaan dan kepedulian TNI AL, serta untuk memenuhi ketersediaan stok darah di UTD PMI Kota Dumai agar dapat bermanfaat dan membantu masyarakat yang memerlukan,” kata Himawan.

Selain mengadakan peduli donor plasma konvalesen dan donor darah, Himawan mengatakan, TNI AL Pangkalan TNI Angkatan Laut Dumai sebelumnya telah sukses melaksanakan program serbuan vaksinasi kepada masyarakat maritim.

“Perjuangan dan kerja keras kami sebagai prajurit TNI AL dengan tulus ikhlas membantu pemerintah menekan laju penyebaran virus Covid-19. Inilah bukti pengabdian kami kepada masyarakat dan negara,” ucap Himawan.

Sedangkan Kepala Balai Pengobatan Pangkalan TNI AL Dumai Kapten Laut (K/W) Letty Noprita, Amd. Keb., S.K.M., pada pelaksanaan donor darah yang terdaftar sebagai peserta donor darah sebanyak 50 orang.

“Pendonor terdiri dari 40 prajurit TNI AL dan PNS serta 10 orang Jalasenastri. Kemudian darah yang berhasil dikumpulkan sebanyak 45 kantong darah. Kalau donor plasma konvalesen, tidak terdapat kriteria untuk pendonor tersebut,” jelasnya.

Donor plasma konvalesen adalah metode pengambilan darah plasma dari penyintas COVID-19 yang dapat diberikan sebagai terapi untuk pasien COVID-19 yang sedang menjalani perawatan medis.

Prosesudr ikut donor plasma konvalesen harus diambil sampel darahnya. Selanjutnya sampel darah akan di cek di laboratorium untuk dilihat apakah antibodinya mencukupi. Jika layak, maka pendonor bisa mendoronkan plasma konvalesennya.

  • Bagikan