TNI AL Klaim Suntikan Vaksin Kedua Mampu Tingkatkan Imunitas Tubuh

  • Bagikan
TNI AL Klaim Suntikan Vaksin Kedua Mampu Tingkatkan Imunitas Tubuh
TNI AL Klaim Suntikan Vaksin Kedua Mampu Tingkatkan Imunitas Tubuh

Menit.co.id – Dalam rangka meningkatan imunitas tidak serta merta hanya menerima vaksin tahap pertama, tapi pengoptimalan imunitas dalam tubuh perlu adanya vaksin kedua.

Begitulah yang dilakukan TNI AL Pangkalan TNI Angkatan Laut Dumai, dalam melaksanakan serbuan vaksinasi untuk masyarakat maritim dalam rangka memangkas laju wabah Covid-19.

Hari ini, Jumat (30/7/2021) Pangkalan TNI AL melalui Balai Pengobatan TNI Angkatan Laut Dumai kembali melaksanakan suntikan vaksin dosis ke dua kepada masyarakat maritim di Kota Dumai.

“Vaksin pertama kurang maksimal untuk meningkatkan imun di dalam tuhuh, perlu vaksin ke dua. Vaksin yang kita berikan jenis Sinovac,” kata Kepala BP Pangkalan TNI AL Dumai Kapten Laut (K/W) Letty Noprita, Amd. Keb., S.K.M.

Dijelaskanya, vaksin Sinovac memiliki waktu terbaik untuk pemberian dosis kedua sejak pemberian dosis pertama adalah 28 hari. Dengan demikian, imunitas tubuh penerima vaksin menjadi meningkat.

“Saya berharap kesadaran masyarakat untuk bervaksin terus meningkat. Karena untuk melawan wabah Covid-19 ini butuh kesadaran masyarakat,” harap Letty Noprita, kepada awak media dilokasi serbuan vaksinasi.

Sementara Komandan Pangkalan TNI AL Dumai Kolonel Laut (P) Himawan, MMSMC mengatakan dengan totalitas TNI AL untuk mendukung pemerintah dalam melaksanakan serbuan vaksinasi dapat mengakhiri pandemi Covid-19.

“Kita kerahkan seluruh tenaga dan kemampuan dalam percepatan vaksinasi kepada masyarakat maritim di Kota Dumai dengan harapan pandemi Covid-19 yang melanda negeri ini segera berakhir,” ucapnya.

Pelaksanaan kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan pun, kata Himawan, digelar dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) cukup ketat. Sehingga tidak tercipta kerumunan yang bisa menimbulkan cluster baru penyebaran Covid-19.

“Vaksin yang diberikan ini cukup aman, halal dan terpercaya digunakan oleh masyarakat Indonesia. Namun harus tetap disiplin memperhatikan protokol kesehatan, agar terhindar dari virus covid-19,” tegasnya.

Tidak lupa kepada seluruh masyarakat yang telah divaksin agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. Dengan menerapkan disiplin prokes, lanjut Himawan, berarti masyarakat peduli terhadap dirinya, keluarganya, dan lingkungan sekitarnya.

Kemudian selalu memakai masker, rajin mencuci tangan dan menjaga jarak. Karena itulah senjata yang paling ampuh untuk memutus mata rantai penyebaran virus yang mematikan dan belum ada obatnya ini.

Dengan pelaksanaan program serbuan vaksinasi tersebut, diharapkan mempercepat percapaian terhadap herd immunity. Sehingga program pemerintah ke depan dapat terwujud, dengan cepat menuju Indonesia yang bebas dari Covid-19.

Serbuan vaksinasi merupakan program pemerintah dan atas perintah Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana TNI Yudo Margono untuk membantu menyukseskan program satu juta vaksinasi yang dicanangkan Presiden Joko Widodo.

Serbuan vaksin dosis kedua didukung 4 orang tim Vaksinator dan 1 orang dokter umum dari Balai Pengobatan Pangkalan TNI AL Dumai, dengan target 48 dosis vaksin jenis Sinovac Multidose.

Dari 48 orang yang mendaftar sebagai peserta vaksin dari kalangan umum seluruhnya dapat tervaksinasi. Tampak antusias masyarakat di Kota Dumai mengikuti serbuan vaksinasi yang dilaksanakan TNI Angkatan Laut.

  • Bagikan