Vaksin Pfizer ke 30 Pemain Persikota Tangerang Menuai Kritik

  • Bagikan
Vaksin Pfizer
30 pemain dan official Persikota Tangerang menjadi penerima perdana vaksin Pfizer di Kota Tangeran, Selasa, 24 Agustus 2021. (Foto: istimewa)

Menit.co.id – Sebanyak 30 pemain klub sepakbola Persikota Tangerang perdana menerima vaksin Pfizer dari Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Provinsi Banten.

Dinas Kesehatan Kota Tangerang mulai menggelar vaksinasi menggunakan vaksin Pfizer mulai Selasa (24/8/2021) kemarin.

Vaksin Pfizer untuk para pesepakbola Persikota Tangerang itu menimbulkan kritik dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Selain salah sasaran, juga tidak sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 10 tahun 2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19.

Menanggapi hal itu, Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah, mengaku akan meninjau ulang penggunaan vaksinasi Pfizer yang di dapatkan Pemko Tangerang sebanyak 163.800 untuk dua dosis.

“Kami lagi coba minta arahan sama Kemkes, bagaimana caranya kami bisa mendistribusikan vaksin Pfizer ke tempat-tempat lain. Karena memang beberapa fasilitas kesehatan milik Dinas Kesehatan Kota Tangerang masih ada yang belum punya tempat penyimpanan khusus buat vaksin Pfizer, karena kan vaksin tersebut membutuhkan suhu dan tempat penyimpanan tertentu,” kata Arief, Rabu (25/8/2021).

Masyarakat Suka Vaksin Pfizer asal Amerika Serikat

Terkait vaksinasi batal di laksanakan RSUD Kota Tangerang, Arief menyebut, pihaknya tidak ingin pemberian vaksin dengan menggunakan vaksin asal Amerika Serikat menimbulkan kerumunan, lantaran banyak warga Kota Tangerang banyak menginginkan vaksinasi asal Amerika Serikat itu.

“Sejauh ini kita baru menggelar vaksinasi dengan vaksinasi Pfizer. Vaksinasi di Puskesmas Panungganan Barat membuat masyarakat ingin mendapatkan vaksin itu, jadi faskesnya banyak yang belum siap, makanya kita tunda dulu,” katanya.

“Kita tidak ingin menimbulkan kerumunan dan antrian, jadi harapannya jangan di sentralisasi di dua lokasi saja seperti di RSUD Kota dan Puskesmas Panunggangan Barat,” paparnya di kutip dari beritasatu.com.

Dinas Kesehatan Tangerang Terima Dosis Vaksinasi Pfizer

Sebelumnya, Plt Dinas Kesehatan Kota Tangerang, dr. Dini Anggraeni menyatakan pihak Dinas Kesehatan Kota Tangerang telah menerima vaksin jenis Pfizer dari Kemenkes sejumlah 163.800 dosis yang akan dipakai untuk 81.900 orang dengan dua dosis.

Dini menjelaskan vaksin ini akan di gunakan untuk memvaksin masyarakat umum di atas usia 18 tahun.

“Kita sudah dapat vaksinasi Pfizer dari Kemkes totalnya kita dapat 27.300 vial atau bisa jadi 81.900 dosis di kali dua. Artinya kita sudah dapat 163.800 dosis untuk memvaksin masyarakat umum di atas 18 tahun,” ujarnya.

“Jadi sebagai proses awal kita berikan kepada pemain Persikota Tangerang, tapi nanti Insyaallah semua masyarakat mulai Rabu, Kamis, Jumat,” katanya melanjutkan.

Berdasaarkan Permenkes Nomor 10 tahun 2021 tentang pelaksanaan vaksinasi dalam rangka penanggulangan Pandemi Covid-19, vaksin jenis Pfizer di khususkan bagi ibu hamil dan pasien memiliki penyakit komorbid dan usia di atas 18 tahun yang rentan terpapar Covid-19.

  • Bagikan