Ini Manfaat Vitamin D untuk Kesehatan Tubuh

Vitamin D untuk Kesehatan

Menit.co.id – Segudang khasiat konsumsi vitamin D rupanya sangat penting untuk memelihara kesehatan tubuh di masa pandemi seperti ini.

Selain baik untuk tulang dan gigi, kandungan vitamin D bagus untuk memperkuat sistem imun. Mari mengenal apa itu vitamin D dan berbagai manfaatnya bagi kesehatan.

Apa Itu Vitamin D?

Vitamin D adalah vitamin yang dapat larut dalam lemak. Artinya, vitamin D bisa di simpan dalam tubuh untuk waktu yang lama.

Ada dua jenis utama vitamin D, yaitu vitamin D2 dan vitamin D3. Vitamin D2 (ergocalciferol) berasal dari tumbuhan, bisa di temukan pada beberapa jenis jamur.

Sementara, vitamin D3 (cholecalciferol) di temukan pada ikan, minyak ikan, kuning telur, dan sinar matahari.

Vitamin D dapat terbentuk secara alami ketika kulit terpapar sinar matahari secara langsung.

Manfaat Vitamin D untuk Tubuh

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa di dapat dari mengonsumsi vitamin D yang cukup:

Memelihara kesehatan tulang dan gigi

Vitamin D berperan penting bagi kesehatan tulang dan gigi. Pasalnya, vitamin D baik untuk membantu penyerapan kalsium dalam tubuh.

Vitamin D berperan mendukung pertumbuhan tulang dan gigi anak, serta mencegah kerapuhan atau osteoporosis pada orang lanjut usia.

Bagi ibu menyusui, vitamin D sangat penting untuk membantunya mencukupi kebutuhan kalsium, pada saat yang bersamaan juga memenuhi kebutuhan vitamin D bayinya untuk perkembangan tulang sehat pada bayinya.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Vitamin D dapat membantu mengoptimalkan kekebalan tubuh dengan menunjang kerja sel darah putih dalam melawan patogen.

Sifatnya sebagai antiradang dan antioksidan mampu meningkatkan kerja sistem imun, saraf, dan otot.

Menjaga fungsi paru dan jantung

Beberapa penelitian menunjukkan kekurangan vitamin D pada tubuh dapat berakibat pada meningkatnya risiko penyakit jantung dan paru.

Mencegah kanker

Mengonsumsi vitamin D yang cukup dapat menghindarkan Anda dari risiko kanker. Kandungannya yang bersifat karsinogenik di ketahui dapat memperlambat perkembangan sel kanker, merangsang kematian sel kanker hingga mencegah tumor.

Mengatasi depresi

Penelitian menunjukkan bahwa vitamin D dapat membantu mengatasi depresi. Khasiatnya bagi kesehatan mental sudah banyak di buktikan.

Penderita depresi yang mengonsumsi suplemen vitamin D mengalami perbaikan pada gejalanya. Adapun pada studi di Cambridge University menunjukkan seseorang dengan defisiensi vitamin D memiliki tingkat kecemasan dan depresi yang lebih tinggi.

Menurunkan risiko diabetes

Vitamin D membantu memproduksi hormon insulin dalam tubuh. Insulin berperan dalam mengatur kadar gula darah sehingga dapat mengurangi risiko penyakit diabetes.

Sumber Vitamin D

Vitamin D bisa di dapat dari berbagai sumber, seperti sinar matahari, makanan, dan suplemen.

Di negara dengan iklim tropis seperti Indonesia, vitamin D cukup mudah di dapat dengan cara berjemur di bawah sinar matahari pagi selama 15 sampai 20 menit, setidaknya tiga kali seminggu.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS