Joseph Suryadi Jadi Tersangka Penistaan Agama Oleh Polda Metro Jaya

Joseph Suryadi Tersangka

Menit.co.id – Polda Metro Jaya akhirnya menetapkan Joseph Suryadi sebagai tersangka dalam kasus dugaan penistaan agama melalui media sosial.

“Ditreskrimus Polda Metro Jaya telah menetapkan tersangka terkait unggahan video atas nama Joseph Suryadi,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan di Jakarta mengutip Antara, Rabu (15/12/2021).

Joseph Suryadi di ketahui menjadi trending topik #TangkapJosephSuryadi baru-baru ini karena telah menyebarkan karikatur yang bermuatan penistaan agama ke grup WhatsApp.

Dia di duga melecehkan Nabi Muhammad SAW, menyamakannya dengan HW atau Herry Wirawan,seorang terdakwa kasus pemerkosa 12 santri di Kota Bandung.

Akibat perbuatannya itu, sejumlah akun kemudian memviralkan Joseph Suryadi dengan tagar #TangkapJosephSuryadi itu kemudian viral di twitter dan memancing kemarahan publik.

Zulpan mengungkapkan, penetapan status tersangka terhadap Joseph Suryadi di lakukan setelah Kepolisian memiliki dua alat bukti dalam penyelidikan kasus tersebut.

Kepolisian juga langsung melakukan penahanan terhadap yang bersangkutan. “Yang bersangkutan mulai hari ini di tahan,” katanya.

Adapun pasal yang di persangkakan terhadap Joseph Suryadi adalah Pasal 27 ayat 1 juncto Pasal 45 ayat 1 dan atau Pasal 28 ayat 1 Juncto Pasal 45 ayat 2 Undang-Undang Nomor 16 tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dan atau Pasal 156 KUHP dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara.

Penetapan tersangka dan penahanan terhadap Joseph berawal dari ramainya tagar #TangkapJosephSuryadi di media sosial.

Tagar tersebut mengaitkan Joseph dengan karikatur yang di duga berisi konten penistaan agama yang di sebarkan melalui grup WhatsApp (WA).

Banyaknya informasi yang di terima pihak Kepolisian melalui media. Polda Metro Jaya kemudian melakukan pemeriksaan terhadap Joseph terkait laporan masyarakat tersebut.