10 Kegunaan Aluminium Foil, Yuk Simak!

Kegunaan Aluminium Foil

MENIT.CO.ID – Ingi tahu apa saja kegunaan aluminium foil selain untuk bungkus makanan? Yuk simak sepuluh kegunaan aluminium foil berikut ini.

Aluminium foil, lembaran tipis nan berkilau ini mungkin identik sebagai pembungkus makanan setia. Namun, siapa sangka di balik perannya yang sederhana, aluminium foil ternyata menyimpan segudang kegunaan tak terduga!

Yuk, intip 10 cara memanfaatkan aluminium foil yang akan mengubah pandangan Anda terhadap perlengkapan dapur serba guna ini:

1. Penajam Gunting Tumpul

Lembar aluminium foil yang dilipat beberapa kali menjadi “pengasah dadakan” untuk gunting tumpul. Cukup gunting-gunting saja sampai tajam kembali!

2. Setrika Lebih Cepat

Letakkan selembar aluminium foil di bawah penutup papan setrika. Panas akan dipantulkan kembali, membuat Anda menyetrika pakaian lebih cepat dan efisien.

3. Pengusir Hama Tanaman

Potong-potong kecil aluminium foil dan campurkan dengan mulsa untuk mengusir serangga dan hewan pemakan tanaman. Bonus: aluminium foil memantulkan cahaya matahari, baik untuk pertumbuhan tanaman.

4. Pembersih Noda Cat

Noda cat membandel pada gagang pintu atau jendela? Aluminium foil dapat mengikisnya dengan lembut tanpa merusak permukaan.

5. Menjaga Panci Tetap Bersinar

Lapisi wajan dan panci dengan aluminium foil sebelum digunakan. Cara ini mempermudah pembersihan dan mencegah noda gosong membandel.

6. Menghaluskan Pakaian Wol

Aluminium foil dapat mengangkat serat dan bulu halus yang menempel pada pakaian wol kesayangan Anda. Gesekkan perlahan untuk hasil terbaik.

7. Menajamkan Pisau Tumpul

Lipat beberapa lembar aluminium foil dan gosok perlahan ke mata pisau tumpul. Cara ini membantu mengembalikan ketajaman pisau dengan aman.

8. Menyerap Panas Microwave

Ingin memanaskan makanan beku secara merata? Letakkan selembar aluminium foil di bawah wadah makanan sebelum dipanaskan dalam microwave.

9. Menyerap Kelebihan Minyak

Masakan Anda terlalu berminyak? Tutup makanan dengan aluminium foil beberapa saat untuk menyerap minyak tanpa mempengaruhi rasa.

10. Mempercepat Pencairan Es

Butuh es batu yang mencair dengan cepat? Bungkus wadah es batu dengan aluminium foil untuk mempercepat proses pencairan.

Jadi, jangan buru-buru buang gulungan aluminium foil bekas! Dengan sedikit kreativitas, lembaran tipis ini bisa menjadi penyelamat berbagai situasi di rumah. Coba dan buktikan sendiri betapa aluminium foil lebih dari sekadar pembungkus makanan!