4 Kebiasaan Dapat Membuat Rambut Rusak dan Rontok

Rambut Rusak dan Rontok

Menit.co.id Berikut adalah 4 kebiasaan dapat membuat rambut rusak dan rontok yang wajib Kawan Puan ketahui agar tidak melakukannya.

Rambut merupakan mahkota perempuan. Sehingga rambut wajib di rawat dengan baik, oleh mereka yang berhijab ataupun tidak.

Bagaimanapun juga, rambut yang sehat dan terawat membuat orang lebih percaya diri akan penampilannya. Merawat rambut pun bisa dengan berbagai cara.

Mulai dari rutin keramas hingga rutin memberikan vitamin untuk rambut setiap minggunya. Namun tak jarang, rambutyang terlihat sehat ternyata terindikasi rusak dan rontok akibat salah merawatnya.

Kadang sebagian orang abai, setelah melakukan beberapa perawatan rutin. Jika ingin rambut lebih sehat dan tidak rontok, sudah saatnya untuk berhenti merawat rambut dengan cara seperti ini.

1. Memakai Hair Dryer dengan Suhu Tinggi

Salah satu cara untuk mengeringkan rambut dengan cepat adalah dengan menggunakan hair dryer. Alat praktis ini sangatlah membantu mengeringkan rambut lebih cepat.

Namun, pemakaian suhu yang terlalu panas justru malah merusak rambut. Oleh karena itu, untuk memakai produk sampo yang mengandung vitamin agar rambut tetap terjaga selama di hair dryer.

2. Beraktivitas Saat Rambut Basah

Setelah keramas, ada baiknya untuk mengeringkan rambut terlebih dahulu sebelum melakukan berbagai aktivitas, baik itu tidur, memakai hijab, ataupun bekerja.

Tujuannya agar rambut tidak rusak dan lebih nyaman melakukan kegiatan tersebut. Jikalau dipaksakan akibatnya rambut akan lembap, bau, lepek, berketombe, dan rontok.

3. Melilitkan Handuk di Kelapa

Melilitkan handuk di kelapa dipercaya bisa membantu menyerap air di rambut setelah selesai keramas. Nyatanya, melilitkan handuk malah membuat rambut basah semakin lepek akibat tidak adanya udara.

Bahkan bisa menyebabkan rambut patah-patah akibat terlalu kencang melilitkannya di kepala. Jadi lebih baik ,rambut dibiarkan terurai sampai kering atau menggunakan hair dryer dengan suhu yang tepat.

4. Overthinking

Selain faktor eksternal, ada juga faktor internal yang sangat berpengaruh akan kesehatan rambut. Yaitu faktor kesehatan mental.

Terbukti bahwa orang yang stres atau terlalu banyak mikir alias overthinker banyak mengalami kerontokan pada rambut. Parahnya bisa menyebabkan kebotakan jika tidak segera di tangani.

Untuk menghindari tersebut, seseorang perlu melatih emosi dan pikirannya dengan berolahraga maupun meditasi. Itulah tadi 4 kebiasaan sederhana yang dapat membuat rambut rusak dan rontok.