5 Cara Sederhana untuk Dukung Perempuan Indonesia

  • Bagikan

Menit.co.id – Kerap kali, perempuan diperlakukan tidak adil di negeri ini. Mulai dari pandangan negatif terhadap perempuan yang menempuh pendidikan tinggi, label miring bagi perempuan berkarier yang memilih untuk tidak diam di rumah, hingga bagaimana masyarakat menghakimi cara perempuan berpakaian. Padahal, perempuan semestinya memiliki kesempatan yang sama dengan laki-laki untuk berkarya.

Untuk menciptakan kesetaraan gender di Indonesia, stereotip-stereotip negatif tersebut harus dilawan. Tidak perlu menunggu momen besar seperti Hari Perempuan, Anda dan orang-orang di sekitar, baik laki-laki maupun perempuan, bisa melakukan hal-hal kecil namun berarti bagi kemajuan perempuan Indonesia.

Berikut lima cara sederhana yang dapat memberikan dukungan #UntukPerempuan.

1. Berhenti Mencaci dan Menghakimi

Saat Maudy Ayunda dilema untuk memilih antara Harvard atau Stanford sebagai tempat untuk menempuh pendidikan S2-nya, sebagian dari kolom komentar berisi cacian dan makian baik dari netizen laki-laki maupun perempuan. Hal tersebut membuktikan bahwa masyarakat Indonesia masih belum terlepas dari budaya kurangnya apresiasi. Padahal, apa yang dicapai Maudy Ayunda merupakan prestasi dan dapat dicontoh oleh generasi milenial saat ini.

Daripada menghujat dan menghakimi, akan lebih baik jika Anda mengucapkan hal-hal yang positif. Dukungan, semangat, dan kata-kata motivasi untuk perempuan akan sangat berarti, sehingga perempuan Indonesia tidak takut lagi untuk berprestasi dan meraih mimpi.

2. Melakukan Pekerjaan Rumah Tangga Bersama

Selama ini, sudah menjadi kebiasaan masyarakat untuk menganggap bahwa pekerjaan rumah seperti menyapu, memasak, atau mencuci adalah pekerjaan perempuan. Bayangkan jika perempuan di rumah Anda harus bekerja atau menempuh pendidikan namun ditambah dengan kewajiban untuk membereskan rumah. Pasti berat, bukan? Padahal, tidak ada salahnya jika laki-laki di rumah juga ikut melakukan pekerjaan rumah tangga.

Anda dan keluarga bisa memulainya dengan berbagi tugas rumah tangga dengan adil bagi masing-masing anggota keluarga, sehingga semuanya memiliki tanggung jawab yang seimbang. Melakukan pekerjaan rumah tangga juga akan membuat Anda lebih menghargai perempuan di rumah.

3. Perlakuan Setara di Sekolah dan Tempat Kerja

Perempuan yang memilih bekerja tidak luput dari stereotip-stereotip tertentu. Oleh karena itu, hargai sesama rekan kerja di kantor Anda dan berikan perlakukan setara. Dukung juga tempat kerja Anda agar tidak mendiskriminasi perempuan dengan memberikan kesempatan kerja dan penghasilan setara.

Hal yang sama juga berlaku di sekolah maupun perguruan tinggi. Mulailah memberi dukungan dan semangat perempuan yang ingin menuntut ilmu setinggi langit, karena pendidikan adalah hak segala bangsa, baik laki-laki maupun perempuan.

4. Banyak Membaca tentang Isu-isu Perempuan

Apa hubungannya banyak membaca dengan dukungan untuk perempuan? Salah satu penyebab ketidakadilan terhadap perempuan di Indonesia adalah kurangnya wawasan masyarakat mengenai kesetaraan gender. Oleh karena itu, pengetahuan tentang hal tersebut harus diperbanyak.

Kini, sudah banyak buku-buku yang membahas tentang isu perempuan. Apabila Anda cukup sibuk, ada banyak konten positif di internet seperti artikel, video, atau infografis menarik mengenai topik terkait. Pengetahuan yang luas akan membuat masyarakat semakin menghargai dan mendukung peran perempuan.

5. Gunakan Keajaiban Media Sosial

Media sosial terbukti dapat memberi dampak nyata. Mulai dari petisi, donasi yang menyelamatkan hidup, hingga dukungan penuh semangat — yang semuanya berasal dari layar gawai di genggaman tangan — bisa menciptakan keajaiban.

Karenanya, media sosial merupakan tempat yang efektif untuk menyalurkan dukungan-dukungan untuk perempuan. Anda bisa berbagi konten positif mengenai kesetaraan gender di akun-akun medsos yang Anda miliki. Salah satu cara untuk memulainya adalah dengan membagikan artikel ini atau video tentang dukungan #UntukPerempuan di bawah ini.

Walaupun terlihat sederhana, hal-hal di atas jika dilakukan bersama-sama akan memberikan dampak berarti bagi perempuan di Indonesia. Selain itu, masih ada banyak cara lain yang bisa Anda lakukan agar perempuan Indonesia semakin maju. Yang terpenting adalah niat tulus dan kemauan untuk mulai memberikan dukungan #UntukPerempuan.

  • Bagikan