5 Hal Agar Perempuan Terhindar dari Kekerasan

    Senin, 10 Desember 2018 - 11:25 Editor : Redaksi Dibaca : 5238 Views

    Menit.co.id Ancaman kekerasan pada perempuan bisa terjadi di mana saja dan kapan saja. Tren kasus kekerasan terhadap perempuan ini pun menunjukkan peningkatan di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

    Data terkait pembunuhan pada perempuan dari organisasi PBB untuk narkoba dan kejahatan (UNODC) menunjukkan terdapat 87 ribu perempuan yang dibunuh tahun lalu. Sekitar 50 ribu atau setara 58 persen dibunuh oleh pasangan atau anggota keluarga.

    Kawasan Asia menempati posisi tertinggi jumlah angka pembunuhan perempuan oleh anggota keluarga yakni mencapai 20 ribu jiwa. Hal ini setara dengan 0,9 korban per 100 ribu penduduk perempuan.

    Di Indonesia, berdasarkan Catatan Tahunan yang diluncurkan Komnas Perempuan pada 2017 terdapat 348.446 kasus kekerasan terhadap perempuan. Jumlah itu meningkat dari 2016 sebanyak 259.150 kasus.

    Agar kasus kekerasan tak terus menghantui perempuan, ada beberapa kiat yang bisa dilakukan. Beberapa tips berikut ini bisa membantu menghindari dan mencegah kekerasan pada perempuan.

    1. Pahami bentuk kekerasan
    Pertama kali yang mesti dilakukan adalah memahami segala bentuk kekerasan yang dapat terjadi. Psikolog Mira Amir meminta, baik perempuan ataupun laki-laki, mengetahui bentuk kekerasan itu agar dapat mengetahui batasan-batasan saat berperilaku di tengah masyarakat.

    “Pahami berbagai bentuk kekerasan. Itu bisa diartikan sebagai segala sesuatu yang membuat perempuan tidak nyaman,” kata Mira kepada CNNIndonesia.com, Selasa (27/11).

    Menurut Deklarasi Penghapusan Kekerasan terhadap Perempuan, kekerasan pada perempuan meliputi segala bentuk kekerasan fisik, psikis, ekonomi, dan seksual.

    Dengan memahami bentuk kekerasan ini, seseorang dapat lebih waspada dan mengetahui segala bentuk ancaman yang bakal menimpanya.

    2. Pahami hubungan yang sehat
    Sebagian besar kekerasan terhadap perempuan terjadi pada ranah personal/privat. Artinya, pelaku adalah orang yang memiliki hubungan darah, kekerabatan, perkawinan, maupun relasi intim seperti pacar. Hubungan yang sehat merupakan hubungan yang saling menghargai dan menghormati,

    Memahami bentuk hubungan yang sehat pada keluarga dan kekasih merupakan kunci terhindar dari kekerasan. Jika mulai menunjukkan tanda-tanda yang tidak wajar, tingkatkan kewaspadaan atau segera cari pertolongan.

    3. Waspada pada perubahan
    Orang terdekat kerap menjadi pelaku kekerasan terhadap perempuan. Oleh karena itu, waspadalah pada perubahan gelagat dan sikap-sikap yang mencurigakan. Jika sedang berada di tempat umum, selalu amati kondisi di sekitar Anda dan tetaplah waspada.

    4. Hindari lokasi berbahaya
    Menghindari lokasi yang berbahaya seperti tempat yang sepi dan rawan kejahatan juga bisa menurunkan risiko kekerasan pada perempuan. Hindari pula pulang larut malam karena semakin meningkatkan risiko kejahatan.

    Atau pergilah berdua bersama teman karena biasanya pelaku mengincar orang yang bepergian sendiri.

    5. Pribadi yang kuat
    Membentuk pribadi yang kuat dan sehat merupakan salah satu cara agar terhindar dari kekerasan. Mira mengatakan, orang tua dan guru memiliki peranan penting untuk mendidik serta mengedukasi anak perempuan dan laki-laki agar tidak terjerumus pada kekerasan baik sebagai pelaku atau korban.

    “Dibutuhkan kepribadian yang kuat dan sehat supaya bisa berperilaku sesuai norma dan menyetop kekerasan terhadap perempuan,” ucap Mira.

    (cnn/cnn)



    Komentar Pembaca: