5 Tips Mengajarkan Anak Menggunakan Masker

  • Bagikan

Menit.co.id – Pandemi COVID-19 belum juga usai. Kondisi ini menyebabkan semua orang wajib untuk menggunakan masker, tak terkecuali anakanak. Sayangnya, tidak sedikit anak yang masih sulit diminta untuk mengenakan masker. Yuk, Bun, cari tahu di sini cara mengajarkan anak agar mau menggunakan masker!

Infeksi virus Corona bisa dialami oleh anakanak. Meskipun umumnya tidak sampai sakit, anak-anak yang terkena COVID-19 bisa menularkannya kepada orang lain. Oleh karena itu, penting bagi Bunda untuk mengajarkan Si Kecil cara mencegah infeksi ini. Salah satunya adalah cara menggunakan masker yang benar.

Namun, sebelumnya Bunda perlu tahu aturan penggunaan masker pada anak. Penggunaan masker disarankan untuk anak yang berusia 5 tahun ke atas ketika sedang berada di luar rumah. Anak usia 2–5 tahun sebenarnya juga boleh menggunakan masker, tetapi dengan catatan dia selalu diawasi oleh orang tuanya.

Anak-anak yang belum genap berusia 2 tahun belum boleh mengenakan masker karena pertimbangan keamanan. Jadi, Bunda tidak perlu memaksa Si Kecil memakai masker jika usianya masih di bawah 2 tahun. Yang perlu Bunda lakukan adalah menjaga Si Kecil tetap berada di tempat yang aman dan berjarak dari orang lain.

5 Tips Mengajarkan Anak Menggunakan Masker
Cukup banyak orang tua yang mengeluhkan sulitnya mengajari anak mengenakan masker. Agar Si Kecil mau memakai masker dan bisa mengenakannya dengan benar, Bunda bisa menerapkan tips-tips berikut ini:

  • Bagikan