Ada Beberapa Resep Olahan Daging Sapi

    Jumat, 9 Agustus 2019 - 11:09 Editor : Redaksi Dibaca : 264 Views

    Menit.co.id Lebaran kurban atau hari raya Idul Adha di tahun 2019 sudah didepan mata. Sudah harus mulai dipersiapkan nih cemilan dan makanan jelang Idul Adha. Selain itu, pastinya pembagian daging gratis paling ditunggu.

    Buat yang bingung mau memasak apa nantinya, nah kamu berada di tempat yang tepat nih. Berikut ada resep nih yang patut kamu coba dirumah ya.

    1. Tumis sapi saus bawang

    Bahan-bahan:
    400 gr daging sapi, 4 sdm mentega, 2 siung bawang putih, 1/2 bawang bombay cacah, 1/2 sdm perasan lemon, 1/2 sdt penyedap rasa sapi, 1 sdt garam, 1 sdt bubuk lada hitam.

    Cara memasak:
    Siapkan bahan-bahan, iris tipis daging sapi dan geprek 2 siung bawang putih. Panaskan mentega, kemudian masukan bawang putih yang sudah digeprek. Masukan daging, tumis hingga kecoklatan. Masukkan perasan lemon, lalu aduk merata. Tambahkan cacahan bawang bombay, garam, lada hitam, dan penyedap rasa, aduk hingga merata dan matang. Siap untuk dihidangkan.

    2. Sate daging sapi

    Bahan-bahan:
    Daging yang sudah dipotong dadu 100 gr, kacang tanah goreng, 3 sdm kecap manis, 8 siung bawang merah, 3 buah tomat matang, 1 buah jeruk nipis, 8 sendok makan kecap manis, Tusuk sate.

    Cara memasak sate daging:
    Masukan parutan nanas muda secukupnya, kacang tanah goreng yang sudah halus, dan kecap manis ke mangkuk. Kemudian aduk hingga rata, nantinya akan digunakan sebagai saus satenya sebelum dibakar.Tusuk daging yang sudah dipotong dadu dengan tusuk sate. Lalu oleskan dengan saus sate atau kecap sesuai selera. Bakar sate hingga berwarna kecoklatan, jangan lupa untuk dioleskan saus atau kecap berkala ya biar gak gosong. Siap disajikan deh dengan saus kacang yang lezat.

    3. Semur daging kentang

    Bahan-bahan:
    250 gr daging (sapi/kambing), 2 buah kentang, 50 gr soun, 5 butir bawang merah, 3 siung bawang putih, 3 sdm kecap manis, 2 buah cabai merah besar, 2 buah tomat, 1 ruas jahe, 1 batang kayu manis, 1 lbr daun salam, Minyak goreng, Merica bubuk, Air Gula pasir, Garam.

    Cara membuat:
    Bersihkan cabai dari bijinya. Kemudian blender cabai, bawang merah, bawang putih hingga halus. Panaskan wajan yang sudah dituangkan minyak. Kemudian tumis bumbu yang telah dihaluskan bersamaan dengan daun salam dan jahe yang sudah diiris tipis hingga harum. Potong daging sesuai selera. Kemudian masukan ke dalam wajan, masak hingga kecoklatan.Tambahkan kentang yang sudah dipotong dadu, air, kecap manis, gula pasir, garam, kayu manis dan merica secukupnya. Rebus soun hingga matang. Setelah itu tiriskan. Sajikan dipiring setelah daging dan kentang empuk dengan soun.

    5. Sop asam manis

    Bahan-bahan:
    10 buah tomat, 1 liter air, 2 bungkus penyedap rasa sapi, 1 buah bawang bombay, 50 gram daun seledri, 100 gram daging asap, 100 gram pasta, ½ sdt lada, ½ sdt pala bubuk, 2 sdm saus tomat, 2 sdm gula pasir, 1 sdm margarin, 1 sdm tepung maizena, Sosis sapi.

    Cara membuat:
    Rebus daging asap sambil diganti airnya beberapa kali hingga daging empuk, lalu potong dadu. Rebus tomat dengan air, setelah itu tiriskan dan pisahkan ampasnya. Panaskan margarin di wajan. Kemudian tumis bawang bombay.Tambahkan sari toamat, bubuk lada dan pala, penyedap rasa, tomat pasta, gula, dan seledri. Masak dengan api kecil hingga mendidih. Rebus pasta secara terpisah hingga setengah matang. Setelah itu tambahkan pasta setengah matang. Masak 10 menit dengan api kecil. Setelah matang, tambahkan daging asap dan sosis. kemudian diamkan sebentar, lalu angkat dan sajikan!

    Nah itulah 5 resep masakan Idul Adha yang bisa kamu sajikan sebagai hidangan di tahun ini. Selamat mencoba.



    Komentar Pembaca: