Antusiasme Ramadhan di Pasar Tanah Abang Kembali Meningkat

Pasar Tanah Abang

MENIT.CO.ID – Menyambut Ramadhan 1445 Hijriah, geliat ekonomi di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, kembali meningkat. Warga berbondong-bondong mencari busana muslim dan perlengkapan shalat untuk menyambut bulan suci.

Heri Supriyatna, pengelola Pasar Tanah Abang Blok A, mengungkapkan bahwa permintaan untuk produk busana muslim dan perlengkapannya meningkat signifikan.

Baik pembeli grosir maupun eceran terlihat antusias berbelanja. Mayoritas pembeli grosir berasal dari luar daerah Jakarta.

Heri berharap momentum Ramadhan tahun ini dapat mengembalikan jumlah pengunjung ke tingkat sebelum pandemi, yang rata-rata mencapai 80 hingga 100 ribu orang per hari.

Jam operasional Pasar Tanah Abang selama Ramadhan tetap seperti biasa, yaitu dari pukul 07.00 WIB hingga 16.00 WIB.

Untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung, pihak keamanan akan meningkatkan patroli dan menjaga keamanan di area pasar.

Kerjasama dengan pihak kepolisian, TNI, dan Satpol PP juga dilakukan untuk memastikan kelancaran lalu lintas di sekitar Pasar Tanah Abang.

Fakta Menarik Pasar Tanah Abang

Pasar Tanah Abang yang ramai dikunjungi pembeli tak hanya menawarkan beragam tekstil. Lebih dari itu, terdapat fakta menarik tersimpan di balik keramaiannya. Apa saja?

  • Dulunya Hanya Buka Sabtu – Percaya atau tidak, Pasar Tanah Abang yang sekarang buka setiap hari, dulunya hanya beroperasi di hari Sabtu. Dikenal dengan sebutan “Pasar Sabtu”, pendiriannya pada 1735 bertujuan sebagai tempat berjualan tekstil dan barang kelontong. [Sumber lain]
  • Pernah Jadi Pasar Kambing – Sebelum menjadi pusat tekstil, Pasar Tanah Abang pernah menjadi area jual beli kambing dari tahun 1800-an hingga 1950-an. Dekatnya lokasi pasar dengan Kali Krukut memudahkan transportasi ternak menggunakan perahu melalui kanal. [Sumber lain]
  • Salah Satu Pusat Grosir Terbesar – Saat ini, Pasar Tanah Abang menjelma menjadi salah satu pusat grosir terbesar di Jakarta. Tak heran jika Anda bisa mendapatkan harga miring untuk berbagai macam barang, terutama pakaian.
  • Menjual Oleh-Oleh Haji – Selain tekstil, Pasar Tanah Abang juga menyediakan perlengkapan ibadah dan oleh-oleh haji. Hal ini karena lokasinya yang strategis dan dekat dengan beberapa pemondokan jemaah haji.

Pasar Tanah Abang terbagi menjadi beberapa blok yang menjual berbagai macam produk. Tak hanya ramai dengan pembeli lokal, pasar ini juga menjadi tujuan wisata belanja bagi turis mancanegara.

Jadi, lain kali berkunjung ke Pasar Tanah Abang, sempatkan untuk mengingat fakta menarik di balik keramaiannya.

Exit mobile version