Cara Membuat Teh Tarik yang Enak dan Nikmat

Cara Membuat Teh Tarik

MENIT.CO.ID – Cara membuat teh tarik yang enak dan nikmat tersaji secara lengkap di dalam artikel ini. Berikut ini ulasan lengkap tentang cara bikin teh tarik.

Teh tarik adalah minuman khas Malaysia dan Singapura yang terbuat dari teh hitam, susu, dan gula. Teh tarik biasanya disajikan dingin, tetapi juga dapat disajikan hangat.

Teh tarik memiliki cita rasa yang unik dan khas, yaitu perpaduan antara rasa teh yang kuat, susu yang creamy, dan gula yang manis.

Sebelum mengetahui cara membuat teh tarik, alangkah baiknya Anda simak dulu penjelasan tentang sejarah atau asal usul teh tarik itu sendiri.

Sejarah Teh Tarik

Teh tarik adalah minuman teh yang populer di Asia Tenggara, terutama di Malaysia, Singapura, dan Indonesia.

Teh tarik dibuat dengan cara menyeduh teh hitam dengan susu dan gula, kemudian ditarik berulang kali antara dua gelas atau teko untuk menghasilkan minuman yang berbusa dan beraroma.

Sejarah teh tarik tidak diketahui secara pasti, tetapi ada beberapa teori tentang asal-usulnya. Salah satu teori mengatakan bahwa teh tarik berasal dari India, dibawa ke Malaysia oleh para pekerja migran India.

Teori lain mengatakan bahwa teh tarik berasal dari Malaysia, dan diciptakan oleh pedagang teh Cina.

Teh tarik mulai populer di Malaysia dan Singapura pada tahun 1940-an, setelah Perang Dunia II. Pada saat itu, teh tarik menjadi minuman yang populer di kalangan orang-orang yang mencari minuman yang terjangkau dan enak.

Teh tarik juga menjadi populer di Indonesia pada tahun 1950-an, dan sekarang menjadi salah satu minuman yang paling populer di negara tersebut.

Teh tarik dibuat dengan menyeduh teh hitam dengan susu dan gula. Teh hitam yang digunakan biasanya adalah teh Ceylon atau Assam.

Susu yang digunakan biasanya adalah susu sapi, tetapi ada juga yang menggunakan susu kambing atau susu kedelai. Gula yang digunakan biasanya adalah gula pasir, tetapi ada juga yang menggunakan gula batu.

Teh tarik ditarik berulang kali antara dua gelas atau teko untuk menghasilkan minuman yang berbusa dan beraroma. Proses penarikan ini disebut “menarik teh”.

Penarikan teh ini membuat teh menjadi lebih beraroma dan berbusa, dan juga membuat rasa teh menjadi lebih lembut.

Teh tarik biasanya disajikan panas, tetapi ada juga yang disajikan dingin. Teh tarik sering dihidangkan dengan es batu, dan juga sering ditambahkan dengan daun mint atau lemon.

Cara Membuat Teh Tarik

Berikut adalah cara membuat teh tarik yang enak dan nikmat:

Bahan-bahan:

  • 2 cangkir air
  • 2 kantong teh hitam
  • 1 cangkir susu cair
  • 1/2 cangkir gula pasir
  • Es batu secukupnya

Cara membuat:

  1. Rebus air dalam panci hingga mendidih.
  2. Masukkan kantong teh hitam ke dalam air mendidih.
  3. Tutup panci dan biarkan teh menyeduh selama 5 menit.
  4. Angkat panci dari api dan buang kantong teh hitam.
  5. Tambahkan susu cair dan gula pasir ke dalam teh.
  6. Aduk hingga rata.
  7. Tuang teh ke dalam gelas yang berisi es batu.
  8. Sajikan segera.

Tips:

  • Untuk membuat teh tarik yang lebih nikmat, gunakan teh hitam berkualitas tinggi.
  • Anda juga dapat menambahkan sedikit vanila atau kayu manis ke dalam teh untuk menambah aromanya.
  • Jika Anda ingin membuat teh tarik yang lebih kental, gunakan susu kental manis.
  • Anda juga dapat menambahkan topping seperti nata de coco, cincau, atau buah-buahan ke dalam teh tarik.

Itulah tadi tata cara membuat teh tarik yang enak dan nikmat sebagai pelengkap waktu bersantai di akhir pekan. Semoga informasi ini dapat membantu dan bermanfaat.

Teh tarik adalah minuman yang populer di Asia Tenggara, dan juga menjadi minuman yang populer di seluruh dunia. Teh tarik adalah minuman yang enak dan menyegarkan, dan juga merupakan minuman yang kaya akan sejarah dan budaya.