Catur Brata Penyepian, Ritual Penting Bagi Umat Hindu

Catur Brata Penyepian

Menit.co.id – Seluruh umat hindu di tanah air sekarang ini sedang melaksanakan Catur Brata Penyepian. Ini ritual dari rangkaian perayaan Nyepi 2022.

Kamis, 3 Maret 2022, seluruh rangkaian Hari Raya Nyepi telah berlangsung. Salah satunya adalah Catur Brata Penyepian untuk umat Hindu di seluruh Indonesia.

Ritual ini mengandung empat pantangan yang wajib di patuhi oleh seluruh umat Hindu ketika perayaan Nyepi.

Catur Brata Penyepian adalah pantangan pada Hari Raya Nyepi yang berupaya membangun konsentrasi dengan tenang agar seseorang kembali kepada jati diri.

Catur Brata Penyepian di tempuh dengan cara meditasi, semadi, dan perenungan diri sendiri di suasana yang hening.

Pantangan ini berlangsung selama 24 jam, tepatnya sehari usai Tilem Sasih Kasanga atau pada paruh terang pertama masa kesepuluh (pananggal sasih kadasa).

Adapun pantangan ritual ini yakni tidak menyalakan api atau lampu (Amati Geni), tidak melakukan kerja atau kegiatan fisik (Amati Karya).

Kemudian, tidak bepergian kemana-mana (Amati Lelungan). Serta larangan mengadakan hiburan, rekreasi, atau kegiatan termasuk tidak makan dan tidak minum (Amati Lelanguan).

Umat Hindu memperingati Hari Raya Nyepi 1944 Saka pada 3 Maret 2022. Di harapkan umat Hindu dapat mengimplementasikan makna terdalam Catur Brata Nyepi.

Amati karya dapat di jadikan sarana kontempelasi dan introspeksi, Amati Geni dapat membangkitkan kepedulian sosial, Amati Lelungan dapat menghindari kerumunan.

Kemudian Amati Lelanguan dapat menahan pola hidup hedonis. Umat Hindu pasti sudah sangat rindu merayakan Nyepi dengan gegap gempita.

Seperti mengadakan pawai ogoh-ogoh yang menjadi ciri khas kesenian Bali karena sudah dua tahun terkendala pandemi Covid-19.

Namun ia berharap pawai ogoh-ogoh untuk sementara tidak dilaksanakan dulu, khawatir mengundang keumunan. Apalagi saat ini pademi covid-19 belum melandai.

Semoga Hari Raya Nyepi semakin memperkuat relasi kemanusiaan dan kebangsaan serta mempererat kerukunan antar umat beragama.