Etika dan Norma Saat Melakukan Jamuan Makan Bisnis

    Senin, 5 November 2018 - 10:58 Editor : Redaksi Dibaca : 160 Views

    Menit.co.id Jamuan makan bisa menjadi salah satu cara yang baik untuk memperluas jaringan, diplomasi maupun mempererat hubungan bisnis. Untuk kamu yang berencana menjamu rekan bisnis, sudah tahu etika dan norma yang harus kamu lakukan?

    Bila belum, Konsultan Sumber Daya Manusia Daya Lima Meike Malao memberikan etika dan normanya seperti dikutip Femina.

    Layangkan Undangan dengan Hormat

    Perhitungkan posisi jabatan dan jadwal seseorang yang kamu undang. Jangan mendadak. “Makin senior jabatan tamu yang diundang, maka undangan harus dilayangkan minimal seminggu sebelum pertemuan,” ungkap Meike.

    Sampaikan Agenda dan Persiapkan Alat Bantu

    Saat mengundang, katakan tujuan pertemuan. Apakah ada bahasan khusus atau sekadar ramah tamah. Bila ada tujuannya, siapkan alat bantu, misalnya komputer jinjing bila ingin presentasi atau materi cetak. Ini akan menunjukkan sikap profesional kamu.

    Lokasi

    Sebagai pengundang, pastikan lokasi tidak menyusahkan rekan bisnis. “Jangan juga langsung berasumsi dan memilih lokasi terdekat dengan kantor mereka. Pastikan dengan menanyakan lokasi yang strategis,” pesan Meike.

    Saat memilih tempat, jangan lupa mempertimbangkan waktu pertemuan. Sebab, ada beberapa tempat yang memberi batasan waktu. Jika butuh waktu lama, kamu bisa memesan private room sehingga tidak mengganggu pelanggan lain.

    Tepat Waktu

    Ini berlaku baik untuk pengundang maupun tamu yang diundang. Apabila kamu yang mengundang, datang lebih awal untuk memastikan kesiapan, mulai dari ruangan, jumlah kursi, dan menu.

    Konfirmasi Ulang Kedatangan

    Sebagai pengundang, pastikan kamu tahu jumlah tamu yang akan datang. Agar lebih sopan, kamu bisa menanyakannya langsung pada rekan bisnis mengenai berapa orang yang akan datang.

    Informasi ini penting terkait pemesanan tempat. Bila menjadi tamu, usahakan untuk tidak membatalkan janji mendadak, kecuali untuk alasan yang sangat kuat dan tiba-tiba. Jangan lupa, tanyakan kemungkinan jadwal ulang.

    Berpakaian Pantas

    Kamu harus tahu profil perusahaan atau tempat bekerja pengundang atau yang diundang? Jika lingkungan kerja biasa berbusana batik, baiknya kamu juga berbusana batik juga.

    Menu

    Kamu harus tahu siapa tamu yang kamu ajak makan. Tidak mungkin kamu mengundang vegetarian makan di restoran steak. Sebagai pengundang, tanyakan pada tamu undangan apakah ia memiliki pola diet atau alergi makanan tertentu.

    Hindari Ponsel Pintar

    Ketika perjamuan, hindari untuk melihat layar ponsel atau sibuk memeriksa pesan singkat yang masuk. Ini menunjukkan sikap yang kurang hormat. Atur ponsel dalam mode diam, getar atau simpan saja di tas. Sebab ponsel bisa sangat mengganggu.

    (smart-money)



    Komentar Pembaca: