Google Doodle Kenang Almarhumah Aminah Cendrakasih

Google Doodle Hari Ini

MENIT.CO.ID – Google Doodle kenang almarhumah Aminah Cendrakasih yang meninggal karena sakit pada 21 Desember 2022 lalu.

Melalui halaman depannya, Google Doodle memasang foto ilustraris sosok Aminah Cendrakasih. Jika masih hidup, Aminah Cendrakasih genap berusia 86 tahun, Senin (29/1/2024).

Siapa Aminah Cendrakasih yang di kenang oleh Google Doodle? Ia merupakan sosok artis wanita yang terakhir bermain peran sebagai Mak Nyak Lela di sinetron Si Doel Anak Sekolahan hingga trilogi film Si Doel.

Sebelum mengembuskan napas terakhirnya, Aminah Cendrakasih diketahui menderita sakit sejak lama.

Sejak tahun 2014, jauh sebelum Si Doel The Movie digarap sutradara dan aktor gaek Rano Karno, gerak tubuh Aminah Cendrakasih sudah sangat terbatas.

Aminah Cendrakasih hanya bisa terbaring diatas tempat tidur di rumahnya, Jalan Merak, Perumahan Pinang Griya Permai, Pinang, Kota Tangerang.

Rano Karno pernah mengatakan, Nyak Lela –peran yang dimainkan Aminah Cendrakasih di sinetron Si Doel Anak Sekolahan hingga Si Doel The Movie– mengalami kelumpuhan dan kebutaan di kedua matanya.

Meski begitu, Rano Karno menyebutkan bahwa semangat hidup Mak Nyak tidak pernah padam, terutama saat diminta kembali syuting Si Doel.

“Sekarang umurnya sudah 80 tahun lebih dan apa-apa juga (dilakukan) di tempat tidur, nggak bisa lihat, nggak bisa bangun, nggak bisa duduk juga,” kata Aminah Cendrakasih saat ditemui medio 2019.

Kala itu suara perempuan kelahiran Magelang, Jawa Tengah, 29 Januari 1938, ini tetap terdengar kencang meski terbaring di tempat tidur.

Ia seolah ‘menyembunyikan’ sakitnya. Tidak jarang, Aminah Cendrakasih tertawa puas ketika wartawan yang mengajaknya berbincang terdengar melucu.

Aminah Cendrakasih senang ketika dijenguk wartawan, atau siapapun yang datang mengunjunginya di rumah.

Aminah Cendrakasih disebutkan sempat terjatuh di kamar mandi sebelum meninggal dunia.

Mendiang Aminah Cendrakasih juga berjuang melawan glaukoma sejak lama.

Sebelum mengembuskan napas terakhirnya di usia 84 tahun, pemeran Mak Nyak di sinetron Si Doel Anak Sekolahan dan trilogi Si Doel The Movie ini sempat muntah-muntah.

“Sempat jatuh di kamar mandi kemarin,” kata Hadi, salah satu anak mendiang Aminah Cendrakasih.

Begitu tahu Aminah Cendrakasih terjatuh di kamar mandi, keluarga memanggil dokter hingga dibantu selang infus dan alat bantu pernapasan.

Saat itu kesehatan Aminah Cendrakasih sempat membaik, namun kembali menurun hingga meninggal.

Aminah Cendrakasih tidak dibawa ke rumah sakit lantaran selalu menolak dirawat. “Dari dulu maunya (dirawat) di rumah, tapi tetap ada dokter yang merawat,” kata Hadi.

Jenazah Aminah Cendrakasih dimakamkan dalam satu liang dengan makam Mak Wok, ibunya, pada 22 Desember 2022.

Makam Aminah Cendrakasih dan Mak Wok berada di TPU Karet Bivak, Tanah Abang, Jakarta Pusat.