Google Doodle Rayakan International Women’s Day 2024

Google Doodle Rayakan International Women's Day 2024

MENIT.CO.ID – Hari ini, Google Doodle menampilkan ilustrasi spesial untuk memperingati International Women’s Day (IWD) atau Hari Perempuan Internasional 2024.

Doodle tersebut menampilkan sekelompok perempuan dari berbagai usia dan ras yang duduk bersama, berbagi cerita dan pengalaman, di atas selimut sulam penuh simbol-simbol kemajuan perempuan.

Selimut sulam dalam Doodle tersebut melambangkan perjalanan panjang perjuangan perempuan untuk mencapai kesetaraan.

Setiap simbol pada selimut mewakili pencapaian penting dalam berbagai bidang, seperti pendidikan, kesehatan, politik, dan ekonomi.

Tema IWD 2024: DigitALL: Kesetaraan Inovasi untuk Kesetaraan Gender

Tahun ini, IWD mengangkat tema “DigitALL: Kesetaraan Inovasi untuk Kesetaraan Gender”. Tema ini menekankan pentingnya peran perempuan dalam teknologi dan inovasi, serta mendorong kesetaraan akses dan peluang bagi perempuan di bidang digital.

Google Doodle dan Dukungan terhadap Kesetaraan Gender

Google Doodle telah lama menjadi platform untuk mengangkat berbagai isu penting, termasuk kesetaraan gender. Setiap tahun, Google Doodle memperingati IWD dengan menampilkan ilustrasi yang berbeda-beda, yang bertujuan untuk menginspirasi dan mendorong kemajuan bagi perempuan di seluruh dunia.

Pesan Doodle IWD 2024

Doodle IWD 2024 menyampaikan pesan tentang pentingnya solidaritas dan kolaborasi antar perempuan lintas generasi untuk mencapai kesetaraan gender. Doodle ini juga mendorong perempuan untuk terus berinovasi dan berkontribusi dalam membangun masa depan yang lebih baik bagi semua.

Ajakan Google untuk IWD 2024

Google mengajak semua orang untuk bergabung dalam perayaan IWD 2024 dan mendukung gerakan untuk mencapai kesetaraan gender. Kita dapat melakukan ini dengan:

  • Mempelajari dan menyebarkan informasi tentang isu-isu perempuan.
  • Mendukung perempuan di bidang teknologi dan inovasi.
  • Menantang bias gender dan stereotip.
  • Berpartisipasi dalam kegiatan dan aksi untuk kesetaraan gender.

Sejarah Hari Perempuan Internasional

Hari ini, dunia merayakan Hari Perempuan Internasional (IWD), sebuah momen penting untuk merenungkan perjuangan perempuan dalam meraih kesetaraan dan keadilan. Sejarah panjang IWD diwarnai dengan aksi-aksi berani dan inspiratif dari para perempuan di seluruh dunia.

Awal Mula Perayaan

Akar IWD dapat ditelusuri kembali ke awal abad ke-20, ketika gerakan perempuan mulai mendapatkan momentum. Pada tahun 1908, 15.000 perempuan di New York City melakukan demonstrasi untuk menuntut hak-hak mereka, termasuk upah yang layak, jam kerja yang lebih pendek, dan hak pilih.

Momentum Global

Pada tahun 1910, Clara Zetkin, seorang pemimpin sosialis Jerman, mengusulkan penetapan Hari Perempuan Internasional di Konferensi Perempuan Sosialis Internasional di Kopenhagen, Denmark. Gagasan ini mendapat dukungan dan pada tahun 1911, IWD dirayakan untuk pertama kalinya di Austria, Denmark, Jerman, dan Swiss.

Perjuangan Berkelanjutan

Sejak saat itu, IWD terus dirayakan setiap tahun untuk mengangkat berbagai isu perempuan, seperti kesetaraan gender, hak-hak reproduksi, dan penghapusan kekerasan terhadap perempuan.

Mari kita bersama-sama membangun dunia yang lebih adil dan setara bagi semua perempuan dan laki-laki.