Hari Anak Perempuan Sedunia 2022, Ini Sejarah Awalnya

Hari Anak Perempuan Sedunia

Menit.co.id – Hari Anak Perempuan Sedunia atau International Day of the Girl Child merupakan peringatan tahun setiap tanggal 11 Oktober.

Peringatan hari anak perempuan sedunia jatuh pada hari Selasa, 11 Oktober 2022. Adapun tema hari anak perempuan 2022 adalah Our time is now-our rights, our future.

Menurut keterangan resmi PBB, Hari Anak Perempuan Sedunia pertama kali di peringati pada tahun 2012. Tujuannya dari peringata hari anak perempuan adalah:

Untuk meningkatkan perhatian masyarakat terhadap hak-hak asasi anak perempuan dan berbagai tantangan yang di hadapi anak perempuan di seluruh dunia.

Setelah 10 tahun, PBB melihat sudah ada perhatian yang lebih baik dari pemerintahan, perancang undang-undang, hingga masyarakat umum terkait isu anak perempuan.

Selain itu, anak perempuan juga mendapat lebih banyak kesempatan untuk menyuarakan aspirasi mereka di kancah internasional. Berikut ini adalah sejarahnya.

Sejarah Hari Peringatan Anak Perempuan

Mengutip dari berbagai sumber, sejak 19 Desember 2011, hari ini telah dirayakan sebagai “hari internasional anak perempuan” atau hanya “Hari Perempuan Internasional”.

Di Majelis Umum PBB, sebuah resolusi disahkan yang dinyatakan 11 Oktober sebagai hari untuk menghormati para gadis.

Memanggil hak-hak anak perempuan pertama kali di capai oleh Deklarasi Beijing pada tahun 1995 di Konferensi Dunia tentang Perempuan di Beijing.

Dalam sejarah dunia, itu adalah cetak biru pertama yang telah mengidentifikasi perlunya mengatasi masalah yang di hadapi oleh gadis-gadis di seluruh dunia.

Ini mempelopori kampanye pada tahun 2007 yang bertujuan untuk menyebarkan kesadaran tentang perlunya mengasuh anak perempuan secara global dan terutama di negara-negara berkembang di mana kondisinya lebih buruk.

Sebelumnya, kelahiran anak perempuan–dalam beberapa budaya–dianggap hal yang memalukan. Bahkan, banyak yang tak mau memiliki anak perempuan. Kini, zaman telah berganti. Anak perempuan di anggap sama pentingnya dengan anak laki-laki.

Setiap tahun, Hari Anak Perempuan Sedunia di peringati dengan tema yang unik. Tema perdana adalah mengakhiri pernikahan anak.

Sejak itu, seluruh dunia dan inisiatif yang berbeda untuk pemberdayaan perempuan dan perempuan telah memperoleh momentum. Dan tema setiap tahun menyoroti isu-isu yang di hadapi anak perempuan.

Inti dari peringatan ini yaitu anak perempuan yang sama kritisnya dengan pertumbuhan ekonomi, seperti anak laki-laki.

Ini mengakui bahwa partisipasi dari anak perempuan juga sangat berarti dalam keputusan yang memengaruhi kehidupan mereka. Kondisi ini juga menjadi kunci untuk memutus siklus diskriminasi dan kekerasan bagi anak perempuan.