Lontong Cap Gomeh, Hidangan Enak Khas Imlek 2024

Lontong Cap Gomeh

MENIT.CO.ID – Lontong cap gomeh merupakan hidangan enak khas Imlek 2024. Perayaan Cap Go Meh menandakan akhir dari perayaan Tahun Baru Imlek.

Bagi masyarakat Tionghoa, perayaan cap gomeh selalu dimeriahkan dengan berbagai tradisi dan hidangan khas. Salah satu hidangan yang tak boleh dilewatkan adalah Lontong Cap Gomeh.

Lontong Cap Gomeh merupakan hidangan lezat yang terdiri dari lontong, opor ayam, sayur lodeh, sambal goreng hati, acar, telur pindang, abon sapi, bubuk kedelai, sambal, dan kerupuk.

Perpaduan rasa gurih, manis, dan pedas dari berbagai lauk pauk ini menciptakan sensasi rasa yang tak terlupakan.

Bubuk kedelai atau “koya” menjadi ciri khas Lontong Cap Gomeh. Bubuk ini terbuat dari kacang kedelai goreng yang dihaluskan dan dicampur dengan bawang putih goreng, garam, dan gula. Koya ditaburkan di atas lontong dan memberikan rasa gurih yang unik.

Lontong Cap Gomeh tak hanya lezat, tetapi juga sarat makna. Berbagai lauk pauk dalam hidangan ini melambangkan harapan dan doa untuk kehidupan yang lebih baik di tahun yang baru.

Sejarah Lontong Cap Gomeh

Sejarah Lontong Cap Gomeh di Indonesia erat kaitannya dengan akulturasi budaya Tionghoa dan Jawa. Hidangan ini dipercaya berasal dari tradisi masyarakat Tionghoa di Semarang yang menggabungkan tradisi makan lontong dengan tradisi Cap Go Meh.

Resep Lontong Cap Gomeh

Membuat Lontong Cap Gomeh di rumah tidaklah sulit. Anda dapat menemukan berbagai resep mudah di internet atau buku masak. Berikut adalah beberapa tips untuk membuat Lontong Cap Gomeh yang lezat:

  • Gunakan beras pulen untuk membuat lontong.
  • Masak opor ayam dengan santan kental dan bumbu rempah yang lengkap.
  • Sayur lodeh bisa dibuat dengan berbagai macam sayuran, seperti labu siam, kacang panjang, dan jagung.
  • Bubuk kedelai atau koya bisa dibuat sendiri atau dibeli di toko bahan makanan.

Lontong Cap Gomeh adalah hidangan istimewa yang tak hanya lezat, tetapi juga sarat makna. Sajikan hidangan ini bersama keluarga dan rasakan kehangatan perayaan Cap Go Meh 2024.