Makanan Sehat Mengandung Nutrisi Bermanfaat untuk Kesehatan Kulit

  • Bagikan
Makanan Sehat Mengandung Nutrisi Bermanfaat untuk Kesehatan Kulit

Menit.co.id – Wajah yang sehat, cerah dan lembap tidak hanya disebabkan oleh pemakaian produk kecantikan atau perawatan di salon. Kamu juga bisa mendapatkannya dengan menjalani pola makan sehat.

Makanan sehat mengandung banyak nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Bahkan, makanan tertentu dapat membuat kulitmu mengalami penuaan dini.

Konsumsilah beberapa makanan seperti yang dilansir dari Skin Kraft agar kulitmu lebih cerah, sehat, ternutrisi serta awet muda.

Jeruk

Jeruk mengandung vitamin C yang kerap digunakan dalam produk perawatan kulit. Sehingga mengonsumsinya dapat memberikan efek yang tidak jauh berbeda dengan produk perawatan kulit.

BACA : Solusi Terbaru Perawatan Lengkap Kulit Sensitif bagi Buah Hati

Selain vitamin C, jeruk juga mengandung kolagen yang dapat mencerahkan, menjaga elastisitas kulit serta menyamarkan tanda penuaan.

Pepaya

Mungkin, manfaat pepaya bagi kulit tidak banyak diketahui seperti jeruk atau lemon. Namun, buah tersebut mampu menghidrasi dan melembapkan kulit. Sehingga, tekstur kulitmu lebih halus dan kenyal.

BACA : Perlu Kamu Ketahui Bahwa Buah Kelapa Bagus untuk Kesehatan dan Kecantikan

Selain itu, vitamin A, B dan C yang dapat memperlancar proses pencernaan. Jadi, kulit pun akan terhindar dari berbagai masalah seperti komedo maupun jerawat.

Semangka

Ketika kulitmu membutuhkan kelembapan ekstra, konsumsilah semangka secara rutin. Ini akan membuat kulitmu lebih kenyal dan halus.

Semangka juga mengandung vitamin A, B1, B6, C dan likopen yang dapat memperbaiki tekstur serta kesehatan kulit.

Timun

Sama seperti semangka, timun juga mengandung banyak air dan mampu meredakan peradangan. Timun juga mengandung vitamin C dan K yang mampu meningkatkan kesehatan serta menyamarkan tanda penuaan kulit.

Perawatan Kulit Sehat secara Alami

Perawatan kulit sehat alami dapat dilakukan dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran yang mengandung antioksidan, seperti buah beri, brokoli, wortel, dan bayam. Selain itu, produk dengan antioksidan seperti vitamin C dan vitamin E juga baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Lebih jauh lagi, guna menghindari kerusakan kulit akibat faktor buruk lingkungan, perlu dilakukan upaya perawatan kulit dengan produk perawatan kulit yang juga mendukung agar tetap sehat dan bersinar. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan perawatan kulit secara rutin adalah:

  • Rutin membersihkan wajah, setidaknya dua kali sehari.  Pastikan untuk menghapus riasan di malam hari sebelum tidur.   Gunakan pembersih lembut yang tidak mengandung deterjen dan pewangi. Utamakan juga pembersih wajah yang berbahan alami.
  • Gunakan produk pelembap. Bukan hanya bagi pemilik kulit kering, tapi gunakan produk ini juga bagi Anda yang berkulit berminyak.
  • Selalu pakai tabir surya tiap hari meski tidak sering beraktivitas di luar ruangan. Pada kenyataannya, langkah perawatan inilah yang terpenting untuk melindungi kulit. Pilih tabir surya dengan kandungan bahan alami dan mengandung SPF minimal 15 atau 30 untuk melindungi kulit dari sinar UV A dan UV B.
  • Konsumsi makanan yang sehat dan hindari stres berkepanjangan.
  • Gunakan masker wajah berbahan alami. Masker ini baik untuk menutrisi kulit wajah dan membuat kulit putih.

Untuk mendapatkan perlindungan yang lebih efektif, pilihlah produk losion yang sesuai dengan jenis kulit. Misalnya untuk mengatasi kulit berminyak, gunakan produk perawatan kulit yang khusus bertujuan mengurangi kadar minyak pada kulit agar terhindar dari masalah jerawat. Namun apa pun jenis kulit kita,  ahli kulit sehat menyatakan kulit indah dan bersinar merupakan hasil dari kebiasaan sehat dan perawatan kulit yang alami dan sederhana.

  • Bagikan