Siapa Erlin Suastini? Kepala BPMI Sekretariat Presiden Indonesia

Erlin Suastini Kepala BPMI

MENIT.CO.ID – Kalangan wartawan sudah tidak asing lagi dengan sosok Erlin Suastini. Ya, Erlin Suastini adalah Kepala BPMI Sekretariat Presiden Indonesia.

Erlin Suastini namanya selalu menjadi perbincangan hangat di media sosial. Sosoknya tampak mondar-mandir di hadapan Presiden Indonesia.

Dalam sebuah cuplikan video yang beredar di sosial media merekam Erlin Suastini tidak segan-segan berlari mendekati Presiden Indonesia Joko Widodo.

Menariknya, tindakan Erlin Suastini menghadap Jokowi bahkan saat di depan kamera, tidak mendapat pencegahan dari Paspamers (Pasukan Pengamanan Presiden).

Erlin Suastini tampak leluasa mendekati dan berbicara langsung dengan presiden. Padahal, tidak semua orang dapat berbicara langsung dengan seorang Presiden, terlebih lagi tanpa pengawalan ketat dari Paspampres.

Lantas, siapa Erlin Suastini ini sebenarnya? Yuk temukan jawabannya melalui ulasan lengkap yang berhasil Menit.co.id rangkum dari berbagai sumber berikut ini.

Siapa Erlin Suastini?

Erlin Suastini atau R Erlin Suastini, S.Sos merupakan Kepala Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden (BPMI Setpres). Ia menjabat Kabiro Pers Media dan Informasi Setpres sejak Juli 2019 lalu.

Sebagai informasi, Sekretariat Presiden merupakan lembaga pemerintah yang dipimpin oleh seorang Sekretariat Presiden. Setpres berkedudukan langsung di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden.

Erlin Suastini menjalankan fungsi sebagai penyelenggara pers dan media. Sekretariat Presiden terdiri dari dua deputi, yakni Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media serta Deputi Bidang Kerumahtanggaan dan Pengelolaan Bantuan Presiden.

Kemudian, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media masih memiliki dua biro yang terdiri dari Biro Protokol dan Biro Pers dan Media

Dalam hal ini, Erlin Suastini menempati posisi sebagai Kepala Biro Pers Media dan Informasi (BPMI) Kedeputian Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden.

Dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 68 Tahun 2000 Tentang Sekretariat Presiden Pasal 5 ditegaskan, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media bertanggung jawab untuk membantu Sekretaris Presiden dalam menyelenggarakan urusan keprotokolan, pers, media, dokumentasi, dan informasi kegiatan yang dilakukan oleh Presiden dan/atau Ibu Negara.