Siapa Rio Haryanto? Pembalap Indonesia yang Melamar Athina Papadimitriou

Rio Haryanto Melamar Athina Papadimitriou
Rio Haryanto Melamar Athina Papadimitriou. (Sumber Foto: Instagram Sandiaga Uno)

MENIT.CO.ID – Rio Haryanto adalah seorang pembalap Indonesia yang melamar Athina Papadimitriou pada Minggu (26/5/2024).

Wanita cantik yang dilamar pembalap Indonesia Rio Haryanto adalah Athina Papadimitriou, keponakan dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Adapun kabar bahagia itu disampaikan oleh Sandiaga melalui unggahan kolaborasi Instagram dengan Rio Haryanto.

Sandiaga mengunggah foto-foto prosesi lamaran Rio Haryanto dan Athina. Salah satunya foto Rio yang tengah berlutut di depan Athina sembari memberikan bunga.

Dalam keterangan foto itu, Sandiaga merasa bahagia bisa menyaksikan keponakannya dilamar oleh Rio Haryanto.

“Dengan penuh rasa bahagia, saya ucapkan selamat atas acara lamaran keponakan saya tercinta, Athina dan @rharyantoracing,” tulis Sandiaga, Senin (26/5/2024).

“Alhamdulillah, saya mewakili keluarga besar Athina mengucapkan terima kasih atas kedatangan keluarga besar dari Rio,” tambah Sandiaga.

Sandiaga menutup ucapannya dengan mendoakan sang keponakan dan Rio Haryanto agar sampai ke pelaminan.

“Semoga Allah melancarkan langkah-langkah kalian kedepan, menjaga hubungan kalian, dan memberikan kebahagiaan yang tak terhingga. Amin,” tutup Sandiaga Uno.

Siapa Rio Haryanto?

Rio Haryanto, nama yang tak asing lagi di telinga para pecinta balap di Indonesia. Lahir di Solo pada 22 Januari 1993, Rio menorehkan sejarah sebagai pembalap Indonesia pertama yang mentas di ajang Formula Satu (F1) pada tahun 2016.

Perjalanan balap Rio dimulai sejak usia dini. Kecintaannya pada dunia otomotif mengantarkannya meraih berbagai prestasi di ajang gokart, termasuk Juara Nasional Gokart kelas kadet pada tahun 2002.

Karier profesional Rio di kancah balap single seater dimulai pada tahun 2008 saat mengikuti Formula Renault Asia. Bakat dan kegigihannya mengantarkannya ke jenjang yang lebih tinggi, seperti Formula Three Euroseries, GP2 Series, dan akhirnya F1.

Puncak kejayaan Rio terjadi pada tahun 2016 ketika ia resmi bergabung dengan tim Manor Racing untuk berlaga di F1. Meskipun hanya menyelesaikan 12 balapan sebelum digantikan oleh Esteban Ocon, Rio telah mengukir namanya dalam sejarah balap motor Indonesia.

Di luar dunia balap, Rio juga dikenal sebagai pengusaha sukses. Ia mendirikan berbagai usaha di bidang properti, otomotif, dan kuliner.

Kini, Rio Haryanto masih aktif di dunia balap, meskipun tidak lagi di level F1. Ia fokus pada ajang Blancpain GT World Challenge Asia dan Seri Le Mans Asia.

Kisah inspiratif Rio Haryanto menjadi bukti bahwa kerja keras, dedikasi, dan pantang menyerah dapat mengantarkan seseorang meraih mimpi-mimpinya. Ia tak hanya menjadi kebanggaan bagi Indonesia, tetapi juga teladan bagi para generasi muda yang ingin menekuni dunia balap.

Siapa Athina Papadimitriou?

Athina Papadimitriou adalah perempuan yang sukses memikat hati Rio Haryanto. Ia merupakan keponakan dari Menteri Kemenparekraf, Sandiaga Uno.

Hal ini diketahui dari unggahan langsung Sandiaga Uno di Laman Instagramnya saat mengucapkan selamat atas lamaran Rio dan Athina.

“Dengan penuh rasa bahagia, saya ucapkan selamat atas acara lamaran keponakan saya tercinta, Athina dan @rharyantoracing💍🤍,” tulis Sandiaga Uno.

Keduanya lamaran pada Minggu (26/5) kemarin. Sandiaga juga, yang menjadi perwakilan keluarga besar Athina.

“Alhamdulillah, hari ini saya mewakili keluarga besar Athina mengucapkan terima kasih atas kedatangan keluarga besar dari Rio,” sambungnya.

“Semoga Allah melancarkan langkah-langkah kalian kedepan, menjaga hubungan kalian, dan memberikan kebahagiaan yang tak terhingga. Amiin…,” doa Menteri Kemenparekraf.

Selain soal keluarganya, tak banyak diketahui tentang sosok Athina Papadimitriou ini. Menelusuri laman LinkedIn-nya, hanya diketahui bahwa perempuan cantik ini pernah mengenyam pendidikan di Northeastern University, pada 2014-2018.

Lebih lanjut, Instagram pribadinya adalah @askp____, namun privat dan hanya menampilkan foto profil dengan potret kuda saja.

Di samping itu, Nur Asia Uno di laman Instagramnya beberapa kali mengunggah tentang Athina, yang ternyata bukanlah sosok sembarangan. Pada 2019 lalu, ia terpilih sebagai Ambassador Milenial Yayasan Jantung Indonesia.

“Tante Nur ikut bangga bahwa seorang penggerak GMI (Gerakan Milenial Indonesia) di pilih menjadi tokoh millenial Yayasan Jantung Indonesia untuk menggerakkan gaya hidup sehat di masyarakat khususnya kaum generasi muda penerus bangsa,” tulis Nur Asia Uno.

Di laman Instagram, pembalap sukses ini jarang membagikan momen kebersamaannya dengan sang kekasih.

Namun, menurut berbagai sumber keduanya telah menjalin hubungan yang cukup lama. Athina pun sering terlihat mendampingi Rio Haryanto dalam berbagai acara penting.

Kolom komentar unggahan yang menampilkan potret lamaran keduanya ini ramai diisi oleh ungkapan patah hati netizen.

“Hari patah hati nasional pak,” tulis @lin***.

“Potek 💔💔 Tapi congratsss yaaa semoga bahagia selalu,” kata @gon***.

“Saya udah emak beranak satu ikut patah hati, tapi bahagia Pak. Semoga lancar segalanya yaaa Pak,” komentar @fir***.

“Selamat ya Athina dan Rio semoga dilancarkan sampai hari nanti. Selamat untuk Azizah dan Dimitri untuk menyamput mantu pertama. Barakallah,” tulis @rif***.