Simak, 6 Kebiasaan Sepele Ini Bisa Bikin Rambut Rontok!

Rambut Rontok

MENIT.CO.ID – Sudah tahu apa saja kebiasaaan sepele yang bisa bikin rambut rontok? Simak, 6 kebiasaan sepele ini yang bisa bikin rambut rontok.

Rambut rontok merupakan masalah umum yang dialami banyak orang. Penyebabnya pun beragam, mulai dari faktor genetik, stres, hingga kebiasaan sehari-hari yang tidak disadari.

Tanpa disadari, beberapa kebiasaan sepele yang dilakukan dalam keseharian dapat menjadi penyebab rambut rontok.

Berikut 6 kebiasaan yang perlu dihindari agar terhindar dari rambut rontok:

1. Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Kebiasaan ini dapat menyebabkan tekanan pada rambut dan folikel, sehingga rambut mudah patah dan rontok. Sebaiknya gunakan ikatan rambut yang longgar dan pilih bahan yang lembut seperti kain atau karet rambut khusus.

2. Menyisir Rambut Saat Basah

Rambut dalam keadaan basah lebih rapuh dan mudah patah. Menyisir rambut saat basah dapat menyebabkan rambut rontok lebih banyak. Sebaiknya tunggu hingga rambut kering atau gunakan sisir khusus rambut basah yang bergigi jarang.

3. Menggosok Rambut Basah dengan Handuk

Menggosok rambut dengan handuk dapat menyebabkan rambut kusut dan rontok. Sebaiknya tekan-tekan rambut dengan handuk secara perlahan untuk menyerap air.

4. Sering Gonta-Ganti Produk Perawatan Rambut

Setiap produk memiliki kandungan dan efek yang berbeda. Gonta-ganti produk terlalu sering dapat membuat rambut stres dan rontok. Sebaiknya pilih produk yang sesuai dengan jenis rambut dan kebutuhan Anda.

5. Mengeringkan Rambut dengan Hair Dryer Terlalu Panas

Panas yang berlebihan dari hair dryer dapat merusak rambut dan membuatnya rapuh. Gunakan hair dryer dengan pengaturan panas yang rendah dan jaga jarak aman dari rambut.

6. Menggaruk Kulit Kepala Terlalu Keras

Kebiasaan ini dapat menyebabkan iritasi pada kulit kepala dan merusak folikel rambut, sehingga rambut mudah rontok. Sebaiknya pijat kulit kepala dengan lembut untuk melancarkan aliran darah.

Tips Merawat Rambut Rontok

Selain menghindari kebiasaan di atas, berikut beberapa tips untuk merawat rambut rontok:

  • Konsumsi makanan kaya protein dan vitamin B.
  • Kelola stres dengan baik.
  • Lakukan pijatan pada kulit kepala secara rutin.
  • Gunakan masker rambut alami seperti lidah buaya atau minyak kelapa.
  • Konsultasikan dengan dokter atau ahli trikologi untuk mendapatkan solusi yang tepat.

Dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan di atas dan melakukan perawatan yang tepat, rambut rontok dapat diatasi dan kesehatan rambut dapat terjaga.