Wayang Kulit, Seni Hiburan Pertunjukan Asli Indonesia

wayang kulit berasal dari
Tangkapan layar dari Instagram @adidasph menyebut Wayang Kulit warisan budaya Malaysia.

Menit.co.id – Wayang Kulit adalah seni pertunjukkan tradisional asli Indonesia yang berkembang pesat dan berasal dari pulau Jawa dan Bali.

Wayang kulit merupakan sejenis hiburan pementasan bayang yang terhasil dari patung terbuat dari kulit lembu, kerbau dan kambing.

Sunan Kalijaga merupakan seorang wali yang pertama kali menciptakan wayang dari kulit lembu. Pembuatan wayang sebagai media penyebaran agama Islam.

Sunan Kalijaga adalah salah satu wali songo (sembilan wali) yang merupakan penyebar agama Islam di tanah Jawa.

Raden Mas Syahid merupakan nama kecil Sunan Kalijaga yang lahir pada 1450 Masehi di Tuban, Jawa Timur.

Ia merupakan putra seorang Bupati Tuban bernama Tumenggung Wilatikta. Sunan Kalijaga adalah murid dari Sunan Bonang.

Dalam menyebarkan agama Islam, cara pendekatan yang dilakukan Sunan Kalijaga dengan memakai sarana kesenian dan kebudayaan.

Sebelum menjadi penyebar agama Islam, Raden Mas Syahid saat remaja sering melakukan tindakan kekerasan, berkelahi, hingga merampok.

Sunan Kalijaga mengawali dakwahnya di Desa Kalijaga, Cirebon. Ia mengislamkan penduduk sekitar termasuk Indramayu dan Pamanukan.

Model dakwah Sunan Kalijaga dengan pendekatan lewat kesenian dan kearifan lokal. Sunan Kalijaga terlebih dahulu mempelajari watak dan budaya penduduk sekitar.

Kalau mereka adalah tatanan masyarakat yang mudah lari jika di paksa untuk mengikuti sesuatu yang baru bagi mereka.

Saat berdakwah dengan menggunakan wayang. Sunan Kalijaga mengganti cerita wayang yang sebelumnya tentang Ramayana dan Mahabarata dari cerita ajaran Hindu di ubah dengan memasukan cerita-cerita Islam.

Bentuk wayang juga di ubah. Di mana mengubah dari bentuk manusia menjadi bentuk kreasi baru yang mirip karikatur. Contohnya, orang yang menghadap ke depan di ukir dengan letak bahu di depan dan di belakang.

Tangan wayang kulit di buat panjang hingga menyentuh kakinya. Meski menghadap ke depan, matanya di buat tampak utuh.

Adidas Sebut Wayang Kulit Asli Malaysia

Adidas meminta maaf dalam unggahan story terbarunya @adidassg lantaran mengungkapkan wayang kulit dari Malaysia. Ia mengakui wayang kulit bahwa aslinya dari Indonesia.

Dalam unggahannya dia menyebut bahwa wayang kulit adalah bagian dari budaya Malaysia. Namun mereka meminta maaf karena tak menuliskan bahwa wayang aslinya berasal dari Indonesia.

Adidas memberikan pernyataan resminya terkait hal tersebut. Pernyataan ini dimuat dalam instastory @adidassg.

“Terima kasih sudah menghubungi kami. Sementara wayang adalah bagian penting dalam warisan budaya Malaysia. Kami seharusnya menyoroti wayang asli dari Indonesia dalam unggahan kami.

Kami sungguh meminta maaf karena ketidaksengajaan (untintentional offence) yang sudah terjadi, dan sekarang kami mengubah unggahan kami. ”

Selain meminta maaf dan mengakui bahwa wayang kulit adalah asli Indonesia, brand sepatu olahraga tersebut dan juga artist pembuat desain sepatu tersebut tidak bermaksud mengklaim karya seni dari Indonesia.

“Untuk menghindari kerancuan, baik brand atau artist tidak mengklaim karya seni dari Indonesia.”

Adidas juga mengakui bahwa mereka sudah memperbaiki unggahan di laman instagramnya dengan menambahkan Indonesia sebagai negara asal warisan budaya wayang.

“Originating from Indonesia, Wayang Kulit has inspired other parts of Southeast Asia,” tulis @adidassg dalam unggahan terbarunya.

Sebagaimana dilansir dari laman UNESCO, pertunjukan wayang memang telah di akui sebagai warisan budaya tak benda dari Pulau Jawa, Indonesia pada 2003.

 

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS