Wisata Ritual Laut Pantai Payangan Jember Telan Korban Jiwa

Wisata Ritual Pantai Payangan

Menit.co.id – Wisata ritual berujung maut telah terjadi di Pantai Payangan Jember, Provinsi Jawa Timur. Ada 11 korban jiwa melayang terseret ombak.

Wisata ritual laut berujung maut jadi kabar duka bagi para keluarga korban. Mereka yang menjadi korban adalah dari Padepokan Tunggal Jati Nusantara.

Pantai Payangan sendiri terletak di Jalan Sidomulyo, Desa Sumberrejo, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur.

Di sisi lain, keberadaan Pantai Payangan sendiri menjadi objek wisata paling indah di Kabupaten Jember. Kini objek wisata laut ini mengisahkan duka mendalam.

Sekarang objek wisata laut Pantai Payangan di tutup untuk sementar. Ini buntut dari musibah ritual maut yang menelan korban jiwa mencapai belasan orang.

Wisata Ritual Laut dan Sisi Keindahan Pantai Payangan

Pantai Payangan di Kabupaten Jember, Jawa Timur memiliki pesona keindahan alam sendiri.

Pada akhir pekan, kawasan yang berada tepatnya di Dusun Payangan, Desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu itu selalu ramai pengunjung.

Cukup dengan harga tiket masuk Rp.5.000/orang, anda bisa puas jelajah keindahan serta spot terbaik Pantai Payangan Jember.

Ada biaya tambahan yang harus kalian keluarkan saat explore pantai ini yaitu retribusi parkir kendaraan Rp.3.000/sepeda motor dan Rp.5.000/mobil.

Tidak ada pembatasan waktu, karena pantai ini terbuka 24 jam untuk umum. Begitu pun jarak dari Kota Jember, tidak telalu jauh. Hanya butuh waktu kurang lebih 1 jam perjalanan atau sekitar 38 km.

Agar perjalanan menuju destinasi wisata alam Pantai Payangan Jember lebih mudah dan menyenangkan, sebaiknya anda akses peta lokasi wisata Jember satu ini.

Yakni, pertama ambil rute tercepat dengan melalui Jalan Nasional III Jember-Lumajang. Setelah sampai perempatan Pasar Mangli, perjalanan berlanjut ke arah selatan memasuki Jalan Otto Iskandar Dinata.

Dari perempatan Pasar Mangli, terus mengikuti jalan utama ke arah selatan sejauh sekitar 30 kilometer.

Nantinya akan di jumpai plang petunjuk jalan untuk sampai Pantai Payangan sehingga cukup ikuti jalan yang ditunjukkan oleh plang itu.

Area Pantai Payangan ini begitu luas. Terdapat tiga bagian pantai yang bisa di kunjungi. Bagian pertama adalah kawasan pantai nelayan yang menghadap ke arah barat daya.

Bagian selanjutnya berupa pantai dengan batu karang yang dipisahkan oleh sebuah bukit. Terluas ada di sisi utara pantai dengan batu karang yang kembali di pisahkan oleh bukit kecil.

Kawasan ini memanjang ke arah utara kemudian berbelok ke arah barat. Jika berjalan menyusurinya, maka nantinya akan sampai di Pantai Watu Ulo.

Salah satu Bagian Pantai Payangan memiliki garis pantai panjang yang melengkung ke arah barat.

Memiliki pasir berwarna hitam. Namun hal itu tidaklah mengurangi indahnya panorama Pantai Payangan. Kombinasi warna pasir hitam dengan birunya laut dan langit tampak begitu serasi.

Perpaduan warna semakin serasi dengan hijaunya rumput bukit di pinggir pantai dan awan putih yang melayang di angkasa.

Tak ketinggalan, buih ombak berwarna putih semakin menghiasi pandangan ke ujung pantai yang melengkung dengan latar belakang perbukitan.