CUHK Business School Ungkap Pentingnya Pengungkapan Berbasis Prospektus pada Interpretasi Hasil Harga IPO

    Selasa, 2 Juli 2019 - 09:15 Editor : Redaksi Dibaca : 243 Views

    HONG KONG, CHINA – Media OutReach – Paul B. McGuinness, seorang Profesor Departemen Keuangan di Sekolah Bisnis Universitas Cina Hong Kong (CUHK) baru-baru ini melakukan sebuah studi penelitian yang diberi berjudul “Faktor risiko dan penggunaan deklarasi hasil dan pengaruhnya terhadap Pembelian Saham di IPO, penetapan harga, likuiditas dan pengembalian keuntungan”, mengungkapkan bagaimana pengungkapan informasi akan membentuk modal yang dimobilisasi dari penawaran umum perdana (IPO) dan keuntungan bagi investor. Artikel berikut ini pertama kali diterbitkan di situs web Pengetahuan Bisnis China CUHK Business School – https://bit.ly/2KwDJcM.

    Dalam artikel yang telah diterbitkan di European Finance Journal itu, Profesor Paul B. McGuinness menilai hubungan antara pengungkapan berdasarkan prospektus sukarela dan serangkaian hasil penilaian IPO untuk serangkaian penawaran harga IPO untuk emiten yang terdaftar di Busa Efek Hongkong atau HKEX. Bagian penting dari pengumuman ini adalah pengetahuan yang diperlukan bagi perencanaan perusahaan untuk mendaftar di pasar saham terorganisir. Untuk setiap bisnis yang disetujui IPO (penawaran umum perdana), publikasi prospektus listing sebelum IPO adalah suatu keharusan untuk memberikan informasi kepada pembeli. Prospektus menyediakan berbagai informasi, membahas fokus bisnis dari pencatatan, kepemilikan, tata kelola, latar belakang industri dan hukum, serta kinerja keuangan sebelum pencatatan.

    Sebagai dokumen hukum, prospektus menyediakan serangkaian informasi yang memainkan peran penting dalam mengurangi kurangnya asimetri informasi antara pemilik internal dan investor luar. Studi yang cermat terhadap informasi prospektus semacam itu kemungkinan akan membantu mengurangi risiko seleksi yang merugikan oleh investor. Dua bidang utama yang perlu dipertimbangkan dalam hal ini adalah pernyataan emiten tentang faktor risiko dan penggunaan uang yang dimobilisasi. Komponen pengungkapan sukarela atau sewenang-wenang akan berkaitan dengan tingkat rincian yang diungkapkan. Meskipun semua emiten memberikan beberapa tingkat pengungkapan tentang risiko dan rencana penggunaan dana seperti yang direncanakan, tingkat pengungkapan di antara berbagai perusahaan IPO sangat bervariasi.

    Berkaitan dengan peryataan pada faktor-faktor risiko, penerbit dan penasihat mereka sering mengungkapkan tentang (1) ekonomi makro (2) bisnis (3) risiko berbasis penawaran. Untuk area kedua dari rencana penggunaan hasil, emiten secara teratur mengalokasikan dana setidaknya satu dari yang berikut: (1) Penarikan kewajiban, (2) investasi baru (3 ) modal kerja. Mayoritas dalam IPO, emiten juga berniat mengeluarkan uang untuk memobilisasi untuk ketiga tujuan yang disebutkan di atas. Jadi pertanyaannya kemudian, bagaimana penggunaan uang yang dimobilisasi ini memengaruhi hasil penilaian?

    Konsekuensi yang relevan termasuk “memperbaiki” harga penawaran akhir, kebutuhan registrasi IPO, pengembalian investor awal, volatilitas dan likuiditas pasca-pasar dan pengembalian jangka panjang. Masalah penting adalah apakah pengumuman itu eksogen atau endogen. Klaim endogen mengasumsikan bahwa pernyataan tersebut memprediksi hasil penilaian selanjutnya. Pernyataan eksogen menunjukkan, deklarasi tersebut secara sukarela membentuk hasil penilaian. Faktanya, kebanyakan publikasi mengandung faktor endogen dan eksogen. Karena itu, tantangannya adalah menentukan yang mana dari keduanya yang mendominasi. Profesor Paul B. McGuinness akan membahas topik ini nanti dalam laporan ini.

    Jumlah faktor risiko yang terpisah menghasilkan penjelasan yang signifikan. Pencacahan faktor-faktor berbasis bisnis global menciptakan hasil yang berlawanan. Jumlah masalah ini memiliki dampak jangka pendek pada fluktuasi. Di sisi lain, bisnis dan jumlah faktor risiko global tidak banyak berhubungan dengan penetapan harga awal, tetapi menunjukkan hubungan negatif yang kuat dengan laba jangka panjang. Saham dengan isu-isu ini diperkirakan sebelumnya dari pilihan yang tidak menguntungkan, sementara saham tanpa masalah ini diharapkan memiliki potensi pertumbuhan jangka panjang.

    Profesor Paul B. McGuinness menjelaskan, berkaitan dengan pengungkapan informasi terbesar kedua dalam studinya, mobilisasi dana yang lebih besar untuk investasi nyata (pembayaran utang) akan mendukung (atau melemahkan) pendaftaran IPO. Dengan demikian, harga akhir permintaan cenderung lebih tinggi di perusahaan dengan prioritas yang jelas untuk target pertumbuhan. Proses pembentukan harga akan sangat mempengaruhi hasil ini. Perusahaan menekankan fokus yang lebih besar pada penggunaan investasi yang lebih cenderung menilai saham baru di tingkat tinggi. Temuan di atas memberikan nilai aturan untuk emiten dan dukungan untuk bank penjamin emisi. Spesifisitas lebih besar dalam opsi pertumbuhan sering meningkatkan jumlah hasil penerbitan.

    Studi Profesor Paul B. McGuinness juga mengungkapkan bahwa membelanjakan uang memobilisasi lebih banyak untuk opsi pertumbuhan yang menguntungkan pelanggan, berkat keuntungan awal dan pasca-pasar yang ditingkatkan kemudian. Sebaliknya, menggunakan leverage yang lebih besar berhubungan erat dengan pengembalian awal dan pasar yang lebih lemah. Efek likuiditas yang kuat juga jelas. Alokasi lebih banyak uang dari IPO untuk investasi adalah dasar untuk volume perdagangan pasca pencatatan yang lebih stabil. Sebaliknya akan terjadi pada bisnis yang memprioritaskan menggunakan uang yang dimobilisasi untuk membayar hutang.

    Analisis Profesor Paul B. McGuinness saya juga menilai faktor risiko dan penentu penggunaan dana IPO. Sampai batas tertentu, manajemen risiko hukum penerbit (dan bank konsultan terkait) menentukan bentuk pengungkapan. Dalam keadaan tertentu, risiko hukum mendorong pengungkapan sukarela, sementara keinginan penerbit untuk mempertahankan keunggulan kompetitif membatasi pengungkapan. Hasil empiris Profesor Paul B. McGuinness menunjukkan bahwa jumlah faktor risiko dan penggunaan pembayaran utang keduanya meningkat dalam reputasi bank penjamin yang ditunjuk.

    Menetapkan jumlah faktor risiko dan penggunaan uang yang dimobilisasi juga berfungsi untuk menciptakan variabel penting untuk penilaian mendalam tentang kausalitas Profesor Paul B. McGuinness. Persamaan dasar mengasumsikan bahwa hasil penilaian IPO adalah fungsi dari dua pengungkapan utama. Struktur seperti itu mengasumsikan pengungkapan eksogen. Namun, selalu ada kemungkinan pernyataan tentang jumlah faktor risiko dan penggunaan dana yang memprediksi hasil penilaian selanjutnya. Secara umum, hasil dasar tampak fleksibel dengan variabel penting.

    Secara ringkas, artikel terbaru Profesor Paul B. McGuinness di European Journal of Finance menawarkan panduan tentang bagaimana pengungkapan informasi perusahaan-perusahaan yang terdaftar membentuk keinginan para investor, penentuan harga penawaran akhir, underpricing IPO, volatilitas pengembalian pasar, likuiditas saham, dan pengembalian jangka panjang. Bentuk dan tingkat pengungkapan sukarela memberikan dampak penting pada banyak dimensi ini. Investor karena itu mungkin ingin mempertimbangka. Bentuk dan tingkat pengungkapan dampak sukarela terlihat dalam banyak hal. Oleh karena itu, investor mungkin ingin mempertimbangkan isi dari faktor risiko dan penggunaan dana. Studi Profesor Paul B. McGuinness juga memberikan panduan bagi pendiri dan pengusaha yang ingin menerapkan IPO. Antara lain, pengungkapan informasi menunjukkan komitmen yang lebih besar, jadi perincian rencana seleksi aktual penerbit, tindakan untuk mendukung hasil harga yang lebih menguntungkan. Di atas segalanya, kegembiraan dan skala pasar IPO lokal meningkatkan pentingnya temuan empiris dalam penelitian studi tersebut tentang pengungkapan informasi di pasar primer.

    Informasi lebih lanjut tersedia di www.bschool.cuhk.edu.hk atau terhubung dengan CUHK Business School di Facebook: www.facebook.com/cuhkbschool dan LinkedIn: www.linkedin.com/school/3923680/.



    Komentar Pembaca: