5 Amalan Malam Lailatul Qadar di Bulan Ramadhan 2024

Tips Mendapatkan Malam Lailatul Qadar

MENIT.CO.ID – Malam Lailatul Qadar adalah malam yang sangat istimewa dan penuh berkah bagi umat Muslim. Keutamaan malam ini dijelaskan langsung dalam Al-Quran, tepatnya pada surat Al-Qadr.

Dalam surah tersebut, dijelaskan bahwa Lailatul Qadar adalah malam yang lebih baik dari seribu bulan. Artinya, pahala ibadah yang dikerjakan pada malam ini dilipatgandakan melebihi ibadah yang dilakukan selama seribu bulan, atau sekitar 83 tahun 4 bulan.

Selain itu, pada malam Lailatul Qadar diturunkan Al-Quran kepada Nabi Muhammad SAW. Ini menandakan bahwa malam ini memiliki peran penting sebagai awal mula diturunkannya petunjuk bagi umat manusia.

Meskipun memiliki keutamaan yang luar biasa, tanggal pasti kapan terjadinya Lailatul Qadar tidak dijelaskan secara spesifik. Hadis Rasulullah SAW hanya memberikan isyarat bahwa Lailatul Qadar terjadi pada salah satu malam ganjil di 10 hari terakhir bulan Ramadan.

Oleh karena itu, umat Muslim dianjurkan untuk memperbanyak ibadah dan amalan di 10 hari terakhir bulan Ramadan, khususnya pada malam-malam ganjil seperti ke-21, 23, 25, 27, dan 29.

Apa Itu Malam Lailatul Qadar?

Lailatul Qadar adalah malam yang sangat istimewa dan penuh berkah bagi umat Islam. Disebutkan dalam Al-Quran sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan [Al-Qadr ayat 3].

Malam ini menjadi salah satu yang dicari dan dinanti-nantikan kedatangannya, terutama pada bulan Ramadan.

Keutamaan Lailatul Qadar yang utama adalah sebagai malam diturunkannya Al-Quran, kitab suci pedoman hidup bagi umat manusia.

Peristiwa ini diabadikan dalam Al-Quran surat Al-Qadr. Selain itu, beribadah dan beramal saleh pada malam Lailatul Qadar dilipatgandakan pahalanya, seperti dijelaskan dalam beberapa hadist.

Meski tanggal pasti Lailatul Qadar tidak disebutkan secara spesifik, terdapat anjuran untuk memperbanyak ibadah pada malam-malam ganjil di sepuluh hari terakhir bulan Ramadan.

Amalan Malam Lailatul Qadar

Melansir dari laman resmi Nahdlatul Ulama (NU), ada banyak amalan yang bisa dikerjakan saat malam Lailatul Qadar. Berikut lima amalan untuk meraih kemuliaan malam Lailatul Qadar di 10 hari terakhir Ramadan.

1. Mendirikan Salat Sunah

Salah satu amalan yang dapat dikerjakan saat malam Lailatul Qadar adalah mendirikan salat sunah dengan istikamah. Salat sunah yang dianjurkan adalah salat tahajud dan salat tasbih secara berjemaah.

Adapun keutamaan mengerjakan salat sunah pada malam hari yakni memiliki kesempatan terkabulnya doa-doa. Oleh karena itu, kerjakan salat sunah ini pada malam Lailatul Qadar agar Allah SWT mengabulkan doa yang dipanjatkan.

2. Memperbanyak Zikir

Memperbanyak zikir kepada Allah SWT adalah amalan yang juga dapat dikerjakan pada malam Lailatul Qadar. Selain berzikir, muslim bisa melewati malam Lailatul Qadar dengan memperbanyak doa untuk meminta ampunan kepada Allah SWT.

Amalan ini akan membuat umat Islam dapat meraih keutamaan malam Lailatul Qadar karena berzikir merupakan perintah Allah SWT. Hal tersebut sebagaimana dijelaskan dalam firman Allah SWT:

وَٱذْكُر رَّبَّكَ فِى نَفْسِكَ تَضَرُّعًا وَخِيفَةً وَدُونَ ٱلْجَهْرِ مِنَ ٱلْقَوْلِ بِٱلْغُدُوِّ وَٱلْءَاصَالِ وَلَا تَكُن مِّنَ ٱلْغَٰفِلِينَ

Artinya: Ingatlah tuhanmu dalam hatimu dengan merendahkan hati dan rasa takut pada waktu pagi dan petang dengan tidak mengeraskan suara, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lengah. (QS Al-A’raf: 205)

3. Iktikaf di Masjid

Iktikaf artinya berdiam diri di masjid dengan niat tertentu. Nabi Muhammad SAW pernah melakukan iktikaf sebagaimana yang dijelaskan Sayyidatina Aisyah di bawah ini.

عَنْ عَائِشَة كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم يَعْتَكِفُ الْعَشْرَ الْأَوَاخِرَ مِنْ رَمَضَانَ حَتَّى يَتَوَفَّاهُ اللهُ عَزَّ وَجَلَّ

Artinya: Dari Aisyah RA, ia mengatakan bahwa Rasulullah SAW melakukan iktikaf setelah tanggal dua puluh Ramadan hingga akhir hayatnya. (HR Al-Bukhari dan Muslim).

4. Bersedekah

Umat Islam dianjurkan melakukan sedekah pada malam-malam Lailatul Qadar. Bersedekah ini berguna untuk membantu sesama umat Islam.

Rasulullah SAW juga melakukan sedekah saat bulan Ramadan. Hal tersebut sebagaimana dijelaskan dalam hadis berikut ini.

(عَنْ أَنَسٍ قَالَ قِيلَ يَا رَسُولَ اللهِ أَيُّ الصَّدَقَةِ أَفْضَلُ قَالَ صَدَقَةُ رَمَضَانَ. (رواه البيهقي

Artinya: Dari Anas RA ia berkata, bahwa Rasulullah SAW pernah ditanya, apakah sedekah yang paling utama? Ia menjawab sedekah di bulan Ramadhan. (HR Al-Baihaqi)

5. Tilawah Al-Qur’an

Selanjutnya umat Islam dapat mengamalkan tilawah Al-Qur’an pada malam Lailatul Qadar. Amalan ini menjadi salah satu kebiasaan yang dilakukan Nabi Muhammad SAW pada bulan Ramadan.

وَكَانَ جِبْرِيلُ يَلْقَاهُ فِي كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ فَيُدَارِسُهُ الْقُرْآنَ

Artinya: Jibril menemuinya pada tiap malam malam bulan Ramadan, dan dia (Jibril) bertadarus Al-Qur’an bersamanya. (HR Bukhari)

Itulah lima amalan yang bisa dikerjakan saat malam Lailatul Qadar. Semoga bermanfaat!