5 Persiapan Sebelum Berangkat Menjalani Ibadah Umrah ke Tanah Suci

    Jumat, 11 Januari 2019 - 19:47 Editor : Redaksi Dibaca : 214 Views

    Menit.co.id Bisa menjejakkan kaki di Tanah Suci untuk beribadah Umrah merupakan sebuah momen berharga yang mungkin hanya bisa terjadi sekali dalam seumur hidup.

    Jika baru pertama kali menjalankan ibadah Umrah, kamu mungkin akan merasa bingung apa saja yang harus dipersiapkan sebelum berangkat.

    Sebelum berangkat ke Tanah Suci, pastikan kamu telah mempelajari berbagai hal tentang ibadah Umrah. Informasi mengenai perjalanan Umrah bisa kamu dapatkan dari biro atau travel perjalanan yang digunakan, atau bisa juga dari cerita kerabat yang sebelumnya pernah berangkat Umrah.

    Selain itu, kamu juga dapat mengikuti tips persiapan Umrah berikut ini:

    1. Cek kesehatan secara rutin
    Persiapan paling utama bagi yang ingin beribadah Umrah, kamu harus memiliki kondisi tubuh yang kuat. Nah, supaya tubuh kuat selama beribadah umrah, ada baiknya kamu menjaga kesehatan dengan mengatur pola makan yang baik dan benar sesuai dengan kebutuhan asupan gizi supaya cukup dicerna oleh tubuh.

    Dengan mengkonsumsi makanan sehat, seperti sayur, buah-buahan, dan yang tak kalah penting harus rajin minum air putih karena air merupakan energi utama yang dibutuhkan oleh tubuh. Tidak hanya itu, cek kesehatanmu secara rutin ke dokter beberapa hari sebelum keberangkatan.

    2. Bawa pakaian yang sesuai
    Makkah dan Madinah memiliki cuaca dan budaya yang berbeda dengan Indonesia. Sebelum berangkat, pastikan pakaian yang kamu siapkan sudah cukup dan sesuai dengan suhu udara dan budaya di sana. Ingat, jangan membawa pakaian yang berlebihan dan terbuka ya!

    3. Peralatan beribadah jangan sampai ketinggalan
    Tidak hanya pakaian, bagi para wanita, peralatan beribadah atau mukena juga tidak boleh terlewatkan. Tetapi jika memang tertinggal, jangan khawatir, banyak penjual yang menawarkan peralatan ibadah seperti mukena dengan harga yang beragam.

    4. Persiapkan hafalan doa-doa
    Prosesnya bukan hanya menyiapkan kebutuhan secara lahiriah saja. Kamu juga harus memperhatikan persiapan secara batiniah dengan menghafal doa-doa Umrah. Untuk bekalnya, kamu akan diberikan buku kecil berisikan doa-doa selama perjalanan Umrah.

    Jika kamu ingin lebih praktis dan takut buku doanya tertinggal, lebih baik sedikit demi sedikit dibaca dan dihafalkan doa-doa tersebut agar jadi ibadah lebih fokus.

    5. Perhatikan peraturan di pesawat
    Ketika persiapan lahir dan batin telah lengkap, kamu juga harus memperhatikan berbagai peraturan perjalanan di pesawat yang akan membawamu ke Tanah Suci. Para jamaah yang beribadah Umrah kebanyakan belum sadar benar akan pentingnya beberapa peraturan di dalam pesawat.

    Paling sering ditemui adalah jamaah yang membawa gunting, padahal peraturan penerbangan sudah jelas yaitu dilarang membawa benda tajam salah satunya gunting dan benda cair yang memiliki batas cairan yang maksimal 100ml.

    Kesempatan untuk menjalankan Ibadah Umrah merupakan impian umat Muslim di seluruh dunia, termasuk masyarakat di Indonesia yang mayoritas beragama Islam.

    Bagi kamu ataupun keluarga yang ingin mewujudkan mimpi untuk beribadah Umrah ke Tanah Suci secara gratis, yuk ikut program “Berkah Energi Pertamina” dengan total hadiahnya senilai miliaran rupiah. Kamu juga berkesempatan untuk memenangkan hadiah ibadah Umrah secara cuma-cuma dari Pertamina!

    Untuk mengikuti program ini syaratnya sangat mudah. Kamu hanya diwajibkan mengunduh aplikasi MyPertamina dan melakukan registrasi. Setelah itu, beli produk Pertamina baik Pertamax Series, Dex Series di seluruh SPBU Pertamina, pelumas Fastron, Enduro maupun produk LPG dan Bright Gas di Bright Store dan Indomaret.

    Tentunya, pembayaran bisa dilakukan secara tunai maupun non tunai dengan kartu debit, kartu kredit atau kartu MyPertamina. Dan terakhir, unggah foto struk pembeliannya di aplikasi MyPertamina dan kamu akan mendapatkan kupon elektronik. Untuk pembelian produk Pertamax ke atas, jumlah kupon elektroniknya lebih besar.

    Berbekal kupon elektronik yang kamu kumpulkan di setiap transaksi, kamu berkesempatan memenangkan beragam hadiah Berkah Energi Pertamina seperti paket Umrah berpasangan, Mercy Cabriolet, Harley Davidson, Toyota Innova Diesel, dan Yamaha Nmax.

    Sponsor by:



    Komentar Pembaca: