Apa Itu Nowruz? Perayaan Tahun Baru Persia

Nowruz
Haft Seen traditional table of Nowruz. Haft-Seen also spelled as Haft Sin is a tabletop (sofreh) arrangement of seven symbolic items traditionally displayed at Nowruz, the Iranian new year.

MENIT.CO.ID – Nowruz, yang secara harfiah berarti “hari baru”, adalah perayaan Tahun Baru Persia yang menandakan hari pertama musim semi.

Perayaan ini biasanya jatuh pada tanggal 20 atau 21 Maret setiap tahunnya.

Nowruz dirayakan oleh lebih dari 300 juta orang di seluruh dunia, termasuk di Iran, Azerbaijan, Afghanistan, Turkmenistan, Albania, Turki, dan beberapa bagian India.

Sejarah Nowruz

Nowruz memiliki sejarah panjang dan kaya yang berasal dari lebih dari 3.000 tahun yang lalu. Akarnya dapat ditelusuri kembali ke Zoroastrianisme, agama kuno Persia.

Bagi orang Zoroaster, Nowruz melambangkan kemenangan kebaikan atas kejahatan, dan kedatangan musim semi melambangkan kebangkitan alam.

Tradisi Nowruz

Tradisi Nowruz bervariasi dari satu negara ke negara lain, tetapi ada beberapa elemen umum yang dapat ditemukan di semua perayaan.

Salah satu tradisi yang paling penting adalah Haft Sin, yaitu meja yang ditata dengan tujuh item simbolis yang dimulai dengan huruf “S” dalam bahasa Persia.

Item-item ini melambangkan berbagai hal, seperti kesehatan, kekayaan, cinta, dan kebahagiaan.

Tradisi lain yang populer termasuk Sizdah Bedar, yaitu piknik keluarga di alam terbuka pada hari ke-13 Nowruz, dan Chaharshanbe Suri, yaitu festival api yang diadakan pada malam terakhir tahun lama.

Pesan Ali Khamenei Dalam Perayaan Nowruz

Pemimpin Revolusi Islam Ayatollah Ali Khamenei dalam pidato Tahun Barunya mengucapkan selamat kepada bangsa Iran pada kesempatan Nowruz.

Dia menekankan tentang arti pentingnya keterlibatan warga negara dalam meningkatkan produktivitas. Ayatollah Khamenei menyampaikan pernyataan tersebut dalam pesan yang disiarkan televisi kepada bangsa Iran pada kesempatan Tahun Baru Persia pada Rabu pagi (20/3/2024).

“Kunci penyelesaian permasalahan perekonomian suatu negara terletak pada produksi – produksi dalam negeri dan produksi nasional,” katanya.

“Jika pertumbuhan produksi dan kemajuan produksi dalam negeri diupayakan dengan cara yang tepat, banyak masalah ekonomi utama negara ini, seperti inflasi, lapangan kerja, dan nilai mata uang nasional kita, akan diselesaikan dengan cara yang diinginkan,” ungkap Ayatollah Khamenei.

Ayatollah Khamenei juga menyebut tahun kalender baru Iran tahun 1403 sebagai tahun “Lonjakan produksi melalui partisipasi masyarakat.”

Khamenei juga mengungkapkan dalam urusan dalam negeri, kami melihat kemajuan yang signifikan di seluruh negeri dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan infrastruktur dasar.

Itulah beberapa hal menyenangkan yang dialami. “Di sisi lain, permasalahan yang dihadapi masyarakat dalam bidang perekonomian dan penghidupan merupakan salah satu peristiwa pahit yang kita saksikan,” jelasnya.

Khamenei juga menyinggung tentang perang di Gaza. “Seperti yang sudah saya sebutkan, peristiwa tragis di Gaza bukan hanya salah satu peristiwa paling tragis. Sebaliknya, itu adalah peristiwa paling tragis bagi kami di kancah internasional,” tuturnya.