Apa Itu Wanita Poliandri dan Bagaimana Menurut Hukum Islam?

Wanita Poliandri Menurut Hukum Islam
Wanita Poliandri Menurut Hukum Islam

Menit.co.id – Artikel ini akan membahas secara lengkap tentang pengertian wanita poliandri atau wanita memiliki 2 suami dan menurut hukum Islam.

Belakangan kasus wanita memiliki 2 suami sedang viral di Indonesia. Kasus wanita poliandri sendiri sedang meningkat beberapa tahun terkahir di Indonesia.

Namun sebelum lanjut membahas apa hukum poliandri menurut Islam, alangkah baiknya mengenal dulu apa itu wanita poliandri. Yuk simak di bawah ini.

Apa Itu Wanita Poliandri?

Wanita memiliki 2 suami bisa di sebut dengan poliandri. Poliandri adalah bentuk perkawaminan, di mana sang istri boleh memiliki lebih dari satu suami dalam waktu bersamaan.

Praktik poliandri tidak banyak terjadi dan hanya terjadi di wilayah tertentu. Di mana jumlah laki-laki di suatu daerah sangat sedikit hingga akhirnya wanita boleh menikahi laki-laki.

Nah, untuk di Indonesia, ada dua kasus kejadian praktik poliandri atau perempuan miliki 2 suami dan saat ini sedang viral di berbagai media sosial.

Di mana dalam praktik poliandri yang sedang viral ini berujung pengusurian dari warga kampung. Mereka yang melakukan praktik poliandri di larang tinggal dikampungnya.

Lantas apa hukum poliandri menurut Islam? Untuk menjawab pertanyaan yang belakangan ini sedang tren maka simaklah ulasan lengkapnya di bawah ini.

Apa Hukum Poliandri Menurut Islam?

Praktik Poliandri sangat di larang di Indonesia, baik menurut hukum agama Islam, hukum negara maupun norma masyarakat.

Berdasarkan pandangan agama Islam praktik poliandri bertentangan dengan dalil Al-Quran surat An-Nisa 4:24 dan Al-Sunnah Hadis Riwayat Ahmad.

Bisakah Seorang Wanita Punya Dua Suami?

Seorang wanita boleh memiliki lebih dari suami, namun itu hanya terjadi di daerah tertentu. Sedangkan untuk di Indonesia tidak dibenarkan poliandri.

Begitu juga dengan hukum agama dan negara juga melarang seorang wanita memiliki lebih dari satu suami. Hukumnya juga haram wanita melakukan praktik poliandri.

Mengapa Wanita Poliandri Dilarang dalam Islam?

Wanita yang menikah lagi padahal belum bercerai dengan suaminya itu sama saja dengan perkawinan poliandri. Menurut agama dan aturan negara sangat jelas dilarang.

Poliandri ini dilarang baik menurut hukum Islam maupun hukum negara karena praktik poliandri adalah termasuk perzinahan. Sehingga, pelaku poliandri dapat di pidana.

Adakah Praktik Poliandri di Indonesia?

Selama ini, masyarakat lebih banyak mengenal laki-laki yang memiliki istri lebih dari satu alias poligami. Namun ada juga kasus di mana seorang perempuan memiliki lebih dari satu suami atau poliandri.

Akan tetapi, baik dalam hukum agama maupun hukum negara, poliandri hukumnya haram di Indonesia.

Menurut catatan dari Kementerian Agama maupun Negara, sampai saat ini wanita yang memiliki lebih dari satu suami tidak tercatat.

Mereka yang melakukan praktik poliandri biasanya menikah di bawah tangan, atau bisa di sebut pernikahan tanpa dokumen resmi.

Namun sudah jelas, jika ada seorang wanita muslim melakukan praktik poliandri hukumnya haram. Oleh karena itu sangat di larang wanita Islam melakukan praktik ini.

Itulah informasi singkat yang bisa Menit.co.id, sampaikan kepada pembaca setia tentang wanita poliandri yang belakangan ini pratiknya sedang viral di media sosial.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS