Doa Lebaran Ketupat, Merayakan Kemenangan dan Memohon Maaf

Doa Lebaran Ketupat

MENIT.CO.ID – Doa Lebaran Ketupat memiliki makna yang mendalam bagi umat Islam. Doa ini bukan hanya berisi rasa syukur dan permohonan maaf, tetapi menjaga ketaatan dan ketakwaan kepada Allah SWT

Lantas, Lebaran Ketupat kapan? Lebaran Ketupat jatuh pada tanggal 8 Syawal 1445 Hijriah atau 17 April 2024, merupakan momen istimewa bagi umat Islam di Indonesia.

Di hari ini, tradisi mudik telah usai dan keluarga berkumpul kembali untuk mempererat tali persaudaraan.

Momen ini juga menjadi kesempatan untuk memanjatkan doa, memohon ampunan, dan bersyukur atas limpahan rahmat Allah SWT.

Berikut adalah doa yang dapat dipanjatkan pada Lebaran Ketupat:

Ya Allah, Tuhan semesta alam, hamba-Mu bersyukur atas rahmat dan karunia-Mu yang telah mengantarkan kami pada hari kedelapan Syawal ini. Hamba-Mu telah menyelesaikan ibadah puasa Ramadhan dengan penuh perjuangan dan keikhlasan.

Ya Allah, ampunilah dosa-dosa kami, baik yang disengaja maupun tidak disengaja. Terimalah amal ibadah kami selama bulan Ramadhan, dan jadikanlah kami hamba-Mu yang taat dan patuh.

Ya Allah, satukanlah hati kami dalam persaudaraan dan kasih sayang. Jauhkanlah kami dari perpecahan dan permusuhan.

Ya Allah, limpahkanlah rezeki dan keberkahan kepada kami. Bantulah kami untuk selalu berada di jalan-Mu yang lurus.

Ya Allah, kabulkanlah doa-doa kami ini, dan terimalah kami sebagai hamba-Mu yang berserah diri.


Ya Allah, Tuhan semesta alam,

Kami panjatkan puji syukur kehadirat-Mu atas limpahan rahmat dan karunia-Mu yang tak terhingga, sehingga kami dapat kembali merayakan Hari Raya Idul Fitri dan Lebaran Ketupat dengan penuh kebahagiaan.

Ya Allah, ampunilah dosa-dosa kami, baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Terimalah amal ibadah kami di bulan Ramadhan yang telah berlalu.

Ya Allah, kuatkanlah iman dan takwa kami. Bantulah kami untuk selalu berada di jalan-Mu yang lurus dan terhindar dari perbuatan maksiat.

Ya Allah, jalinlah ukhuwah dan persaudaraan di antara kami. Limpahkanlah kasih sayang dan cinta di antara keluarga dan sahabat kami.

Ya Allah, mudahkanlah rezeki kami dan berkahilah kehidupan kami. Jadikanlah kami sebagai hamba-Mu yang bersyukur dan selalu taat kepada-Mu.

Ya Allah, kabulkanlah doa-doa kami dan hamba-Mu yang lain. Amin.

Lebaran Ketupat bukan hanya tentang menikmati hidangan ketupat dan lezat, tetapi juga tentang memperkuat iman dan menjalin silaturahmi.

Di hari ini, mari kita saling memaafkan, berbagi kebahagiaan, dan mempererat persaudaraan demi mewujudkan kehidupan yang damai dan penuh berkah.

Selamat Lebaran Ketupat 1445 Hijriah! Taqabbalallahu Minna Wa Minkum.