Doa Turun Hujan dan Artinya Sesuai Petunjuk Islam

  • Bagikan
Doa Turun Hujan

Menit.co.id – Doa turun hujan dan artinya mendadak banyak di cari masyarakat. Hal itu bukan tanpa alasan, melainkan karena hari ini hujan mengguyur berbagai wilayah penjuru Tanah Air.

Di Jabodetabek misalnya, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat mengguyur sejak tadi malam. Tentu turunnya hujan ini merupakan salah satu nikmat yang di turun oleh Allah kepada penduduk bumi.

Oleh karena itu, ketika hujan turun ke bumi, kita di anjurkan untuk berdoa agar hujan yang turun dapat menjadi berkah.

Kemudian dapat menumbuhkan tanaman-tanaman di ladang, kebun dan lainnya sehingga bisa di ambil manfaatnya dengan optimal. Berikut kumpulan doa turun hujan dan artinya dari berbagai sumber.

Berkaitan dengan doa, banyak petunjuk Islam, baik dalam al-Qur’an maupun hadis yang membahasnya. Satu di antara sekian banyak pembahasan tentang doa, ada sebuah hadis yang perlu kita renungkan bersama.

Kumpulan Doa Turun Hujan

Rasulullah bersabda, “Doa adalah senjata seorang Mukmin dan tiang (pilar) agama serta cahaya langit dan bumi. (HR Abu Ya’la). Doa juga merupakan otak atau inti ibadah. Rasulullah bersabda, “Doa itu adalah otaknya ibadah.” (HR Abu Dawud dan At-Tirmidzi).

Dari hadis di atas sangat jelas bahwa sebagai seorang Muslim, berdoa adalah sebuah keniscayaan. Bahkan dalam riwayat lain, Rasulullah SAW mengingatkan kepada umatnya untuk senantiasa berdoa. Tidak hanya saat sulit, dalam keadaan lapang atau senang sekalipun, di perintahkan untuk berdoa.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ سَرَّهُ أَنْ يَسْتَجِيبَ اللَّهُ لَهُ عِنْدَ الشَّدَائِدِ وَالكَرْبِ فَلْيُكْثِرِ الدُّعَاءَ فِي الرَّخَاءِ

“Barangsiapa yang suka Allah mengabulkan doanya ketika susah dan menderita, maka hendaknya ia memperbanyak doa ketika lapang.” (HR. Tirmidzi, Shahihul Jami’ No. 6290).

Berikut doa turun hujan dan artinya sesuai dengan sunnah.

Doa ketika turun hujan

اللَّهُمَّ صَيِّبًا نَافِعًا

  • Bagikan