Doa Ziarah Kubur, Urutan dan Tata Cara Melaksanakannya

Doa Ziarah Kubur

MENIT.CO.ID – Berikut ini penjelasan doa ziarah kubur lengkap dengan urutan dan tata cara melaksanakannya. Simak lebih detailnya melalui ulasan di bawah ini.

Ziarah kubur adalah kunjungan ke makam seseorang yang biasanya dilakukan oleh umat Muslim. Ini adalah praktek keagamaan yang umum dilakukan sebagai bentuk penghormatan dan penghormatan kepada orang yang telah meninggal dunia, serta sebagai cara untuk mengingat kembali nilai-nilai agama dan moral yang diwariskan oleh mereka.

Ziarah kubur dilakukan dengan cara mengunjungi makam dan berdoa untuk orang yang telah meninggal dunia, membaca Al-Quran atau dzikir, serta memohon ampunan dan rahmat Allah SWT.

Ziarah kubur juga dapat dijadikan sebagai momen refleksi untuk memikirkan tentang hidup dan kematian, serta sebagai pengingat bahwa setiap manusia pasti akan kembali kepada Allah SWT.

Namun, perlu diingat bahwa dalam Islam, ziarah kubur bukanlah bentuk penyembahan atau meminta bantuan kepada orang yang telah meninggal dunia.

Sebaliknya, ziarah kubur adalah bentuk penghormatan kepada mereka dan sebagai pengingat untuk memperbaiki hubungan kita dengan Allah SWT dan orang lain selama hidup kita di dunia ini.

Inilah Tata Cara Melaksankan Doa Ziarah Kubur

Doa ziarah kubur adalah doa yang dibaca ketika seseorang mengunjungi kuburan. Berikut ini adalah urutan dan tata cara melaksanakan doa ziarah kubur:

  1. Niat Sebelum melakukan ziarah kubur, niatkan untuk berziarah dengan tujuan untuk mengenang dan mendoakan orang yang telah meninggal dunia.
  2. Berwudhu Sebelum membaca doa ziarah kubur, sebaiknya berwudhu terlebih dahulu agar lebih suci dan bersih.
  3. Menghadap kuburan Berdiri menghadap kuburan dengan posisi kaki sejajar dan posisi tangan yang baik, misalnya menggenggam tangan atau bersujud.
  4. Membaca doa Kemudian bacalah doa ziarah kubur dengan penuh khusyuk dan khidmat. Berikut ini adalah teks doa ziarah kubur:

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ أَهْلَ الدِّيَارِ مِنَ الْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُسْلِمِيْنَ وَإِنَّا إِنْ شَاءَ اللهُ بِكُمْ لاَحِقُونَ نَسْأَلُ اللهَ لَنَا وَلَكُمُ الْعَافِيَةَ

Artinya: “Semoga sejahtera atas kalian, wahai penghuni kubur dari kalangan orang-orang yang beriman dan muslim. Kami akan segera menyusul kalian, Insya Allah. Kami memohon kepada Allah untuk memberikan kesehatan dan keselamatan kepada kami dan kalian.”

    1. Menyampaikan salam Setelah membaca doa ziarah kubur, sampaikanlah salam kepada orang yang telah meninggal dunia. Misalnya dengan mengucapkan “Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh” atau “Salam sejahtera untukmu wahai orang yang beriman.”
    2. Berdoa Setelah itu, berdoalah untuk orang yang telah meninggal dunia. Misalnya dengan memohonkan ampunan dan rahmat dari Allah SWT.
  1. Membaca Al-Fatihah Terakhir, bacalah surat Al-Fatihah sebagai doa untuk orang yang telah meninggal dunia.

Itulah urutan dan tata cara melaksanakan doa ziarah kubur. Semoga bermanfaat.