Fenomena Perempuan Mutabarrijat, Benarkah Tanda Kiamat Sudah Dekat?

Perempuan Al Mutabarrijat

MENIT.CO.ID – Istilah perempuan mutabarrijat akhir-akhir ini menjadi perbincangan hangat di kalangan umat Islam. Benarkah tanda kiamat sudah dekat?

Perempuan mutabarrijat disebut-sebut sebagai salah satu tanda kiamat semakin dekat. Perempuan mutabarrijat berasal dari bahasa Arab yang berarti “perempuan yang tampil terbuka”.

Dalam hadis, Rasulullah SAW bersabda:

“Tidak akan terjadi kiamat sampai muncul perempuan-perempuan yang berpakaian tetapi telanjang, berlenggak-lenggok, kepala mereka seperti punuk unta yang miring. Mereka dilaknat Allah dan tidak diterima taubatnya.” (HR. Tirmidzi)

Hadis ini ditafsirkan oleh para ulama bahwa perempuan mutabarrijat adalah perempuan yang berpakaian tetapi tidak menutup auratnya dengan sempurna. Mereka mengenakan pakaian yang ketat, transparan, atau memperlihatkan lekuk tubuhnya.

Fenomena perempuan al mutabarrijat semakin banyak terlihat di zaman sekarang. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, seperti pengaruh budaya Barat, perkembangan media sosial, dan kurangnya pemahaman tentang ajaran Islam.

Meskipun fenomena perempuan mutabarrijat sudah banyak terlihat, namun tidak berarti bahwa kiamat sudah dekat. Hanya Allah SWT yang mengetahui kapan kiamat akan terjadi.

Namun, sebagai umat Islam, kita wajib untuk mewaspadai tanda-tanda kiamat dan mempersiapkan diri untuk kehidupan akhirat.

Apa Itu Perempuan Al Mutabarrijat?

Istilah al-mutabarrijat berasal dari bahasa Arab yang berarti “wanita yang menyerupai laki-laki”. Dalam Islam, al-mutabarrijat adalah wanita yang berpakaian atau berperilaku seperti laki-laki. Hal ini dilarang dalam agama Islam karena Allah SWT telah menetapkan batasan-batasan yang jelas antara laki-laki dan perempuan.

Dalam Al-Qur’an, Allah SWT berfirman:

“Dan janganlah kamu berpakaian seperti laki-laki dan janganlah laki-laki berpakaian seperti perempuan. Sesungguhnya Allah melaknat orang-orang yang berpakaian seperti bukan jenis kelaminnya.” (Qs. An-Nisa’ ayat 27)

Rasulullah SAW juga melarang perempuan al-mutabarrijat. Beliau bersabda:

“Ada tiga golongan yang dilarang masuk surga, yaitu pezina tua, pemabuk tua, dan perempuan yang menyerupai laki-laki.” (HR. Tirmidzi)

Perempuan al-mutabarrijat memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Berpakaian seperti laki-laki, misalnya dengan memakai celana panjang, kemeja, dan dasi.
  • Berperilaku seperti laki-laki, misalnya dengan berbicara dengan suara yang keras, berjalan dengan langkah yang lebar, dan merokok.
  • Meniru gaya rambut laki-laki, misalnya dengan memotong pendek rambutnya atau mengecat rambutnya dengan warna-warna yang maskulin.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan perempuan menjadi al-mutabarrijat, di antaranya:

  • Kurangnya pemahaman tentang ajaran agama Islam.
  • Pengaruh budaya Barat yang semakin liberal.
  • Ingin tampil lebih modis dan trendi.
  • Ingin menyamakan diri dengan laki-laki dalam segala hal.

Sebagai umat Islam, kita harus menghindari perilaku al-mutabarrijat. Kita harus berpakaian dan berperilaku sesuai dengan syariat agama Islam. Kita juga harus mengingatkan saudara-saudari kita yang terjerumus dalam perilaku al-mutabarrijat untuk kembali ke jalan yang benar.