Ini Bacaat Niat Puasa Senin Kamis dan Keutamaanya dalam Islam

Niat Puasa Senin Kamis

MENIT.CO.ID – Niat puasa senin kamis tersedia di dalam artikel ini. Sebelum baca niat puasa senin kamis, berikut keutamaannya dalam Islam.

Salah satu puasa sunnah yang dapat diamalkan oleh umat Islam sebagaimana Rasulullah SAW mengerjakannya adalah puasa Senin Kamis.

Puasa ini bermakna puasa yang dilakukan seseorang dua hari dalam satu pekan, yaitu di hari Senin dan Kamis.

Dijelaskan Wahbah az-Zuhaili bahwa para ulama sepakat terkait hukum puasa Senin dan Kamis ini sunnah. Artinya, jika dilakukan mendapat pahala, jika ditinggalkan tidak mendapat dosa.

Puasa Senin dan Kamis dilaksanakan sebagaimana puasa pada umumnya. Seseorang harus berniat pada malam hari, sejak terbenamnya matahari sampai terbit fajar.

Di antara amalan sunnah yang dianjurkan Rasulullah SAW, puasa Senin Kamis memiliki keutamaan tersendiri.

Dikatakan dalam sebuah hadits shahih, beliau bersabda: “Ada dua hari di setiap minggunya di mana Allah SWT membebaskan hamba-Nya dari siksa kubur, yaitu hari Senin dan Kamis.” (HR. Tirmidzi).

Bagi umat Islam, menjalankan puasa sunnah ini bukan hanya untuk mendapatkan pahala, tetapi juga membawa kebahagiaan dan ketenangan jiwa.

Adapun bacaan niatnya dilansir dari NU Online adalah sebagai berikut:

1. Niat puasa Senin

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمِ الِاثْنَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Latin: Nawaitu shauma yaumil itsnaini lillahi ta’ala.

Artinya: “Aku berniat puasa sunnah hari Senin karena Allah ta’ala”

2. Niat puasa Kamis

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمِ الخَمِيْسِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Latin: Nawaitu shauma yaumil khamisi lillahi ta’ala.

Artinya: “Aku berniat puasa sunnah hari Kamis karena Allah ta’ala”

Seseorang yang hendak berpuasa Senin Kamis tidak selalu dengan melafalkan niat memakai bahasa Arab. Boleh dengan bahasa lokal. Lafal niat dibutuhkan untuk membantu mempermudah hadirnya niat dalam hati. Karena sesungguhnya tempat niat ada dalam hati. Hati yang harus menghadirkan atau memastikan bahwa benar-benar menyengaja untuk melaksanakan puasa Senin Kamis.

5 Keutamaan Puasa Senin Kamis

Puasa Senin Kamis memiliki banyak keutamaan. Hal ini juga yang menjadi alasan banyak kalangan muslim untuk membiasakan puasa Senin dan Kamis.

Berikut 5 keutamaan puasa Senin Kamis yang bisa Anda peroleh:

1. Dibukanya Pintu Surga

Setiap Senin dan Kamis, pintu surga Ar Rayyan dibuka lebar bagi hamba-Nya yang beriman dan beramal saleh. Puasa Senin Kamis menjadi salah satu amalan yang dapat mengantarkan kita ke pintu surga tersebut.

2. Diampuni Dosanya

Rasulullah SAW bersabda: “Siapa yang berpuasa selama dua hari dalam sepekan, yaitu Senin dan Kamis, maka Allah akan menghapuskan dosanya selama dua tahun, kecuali dosa besar.” (HR. Nasai).

3. Dikumpulkannya Amalan Manusia

Pada hari Senin dan Kamis, malaikat turun ke bumi untuk mengumpulkan amal perbuatan manusia. Amalan puasa sunnah ini menjadi kesempatan untuk meningkatkan kualitas ibadah kita.

4. Mendapatkan Pahala Berlipat

Setiap amalan sunnah yang dikerjakan akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT. Puasa Senin Kamis termasuk amalan sunnah yang pahalanya berlipat ganda.

5. Menjadi Perisai Diri dari Godaan Setan

Puasa melatih kita untuk menahan diri dari hawa nafsu dan godaan setan. Dengan berpuasa, kita dapat memperkuat iman dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Manfaat Puasa Senin Kamis

Selain keutamaan di atas, puasa Senin Kamis juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan, seperti:

  • Detoksifikasi tubuh
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Menurunkan berat badan
  • Meningkatkan kesehatan pencernaan
  • Menyehatkan jantung

Dengan mengetahui keutamaan dan manfaatnya, mari kita mulai rutin melaksanakan puasa Senin Kamis. Jadikan amalan ini sebagai langkah untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Semoga Allah SWT menerima amal ibadah kita dan memberikan limpahan rahmat dan karunia-Nya kepada kita semua.