Ini Tata Cara dan Prosuder Pelunasan Biaya Haji 2024

Pelunasan Biaya Haji 2024

MENIT.CO.ID – Pelunasan biaya haji 2024 tahap pertama resmi dibuka mulai hari ini, Selasa (9/1/2024). Berikut panduan dan tata cara pelunasan biaya haji 2024.

Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) 1445 H/2024 M telah disepakati dengan rerata sebesar Rp93,4 juta. Sementara Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) yang harus dibayar jemaah rata-rata sebesar Rp56,04 juta.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, calon jemaah haji bisa melakukan cicilan untuk membayar Bipih 2024 sebesar Rp56,04 juta.

Skema ini, kata Yaqut, merupakan skema yang baru dan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya agar beban para jemaah relatif lebih ringan.

“Top up, sistemnya top up. Tidak ada ketentuan. Jadi tidak kaya tahun lalu atau sebelumnya yang sekali bayar harus lunas, sekarang bisa top up. Relatif lebih ringan,” ujar Yaqut, beberapa waktu lalu.

Menurut Yaqut, calon jemaah harus menyelesaikan cicilan sebelum tanggal akhir pelunasan Biaya Penyelenggaraan Haji (BPIH) tahun 1445H/2024M. Batas pelunasan bipih akan ditentukan dalam aturan susulan.

“Kaya kita nabung, ke rekening masing-masing. Di jangka waktu sampai tanggal akhir pelunasan, ada tanggal akhir pelunasan nanti akan kita tentukan tanggal akhir pelunasan kapan. Dia harus selesai di situ,” ujarnya.

Tata Cara Pelunasan Biaya Haji 2024

Dilansir melalui website Kementerian Agama, calon jemaah harus memastikan bahwa nama calon jemaah telah tertera dalam daftar calon jemaah yang berhak melunasi BPIH tahap I maupun tahap II pada tahun keberangkatan haji.

Daftar nama jemaah yang masuk ke dalam alokasi kuota tahun 1445 H/2024 M dapat diakses di laman berikut http://bit.ly/hajireguler2024

Persyaratan

1. Fotocopy KTP 3 lembar
2. Pas Foto terbaru berwarna 3 x 4 = 12 lembar dan 4 x 6 = 2 lembar, dengan latar belakang atau background putih tampak wajah 80%
3. Bukti setoran awal BPIH yang disimpan jemaah
4. Membawa buku tabungan haji
5. Surat Pendaftaran Pergi Haji (SPPH) lembar pertama yang disimpan jemaah yang menunjukkan nomor porsi
6. Membayar kekurangan untuk menerima bukti setor pelunasan BPIH dari bank penerima setoran BPIH (BPS BPIH)

Prosedur Pelunasan Biaya Haji

1. Calon jemaah datang ke BPS BPIH untuk melunasi kekurangan biaya setoran lunas BPIH
2. Menerima Bukti Setoran lunas dari BPS BPIH
3. Menyerahkan Bukti Setoran Lunas BPIH dari bank ke Kantor Kementerian Agama untuk proses administrator dan info mengenai kewajiban calon jemaah pasca pelunasan BPIH seperti tes kesehatan dan sebagainya.

Itulah tadi informasi tentang tata cara dan prosedur pembayaran pelunasan biaya haji 2024. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk Anda calon haji 2024. Semoga!