Kemenag Mengajak Umat Islam Pelajari Konsep Ekonomi Syariah

  • Bagikan
Kemenag Mengajak Umat Islam Pelajari Konsep Ekonomi Syariah
Ekonomi Syariah

Menit.co.id – Perkembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia menunjukkan tren positif dalam beberapa tahun terakhir.

Sehubungan dengan itu, Kementerian Agama (Kemenag) mengajak umat Islam mempelajari konsep ekonomi dan keuangan syariah yang mampu menjadi jawaban atas masalah perekonomian nasional saat ini.

Sekretaris Direktorat Jenderal (Ditjen) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam, Muhammad Fuad Nasar mengatakan, ekonomi dan keuangan syariah secara substansi sesungguhnya telah mencerminkan konsep sila kelima Pancasila.

BACA : Bank Riau Kepri Syariah Prinsipnya untuk Keberkahan Bersama

“Dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, semua aspek harus dipersiapkan, tidak hanya regulasi, institusi dan produk, tetapi sangat penting ialah membangun kultur dan perilaku masyarakat,” kata Fuad melalui pesan tertulis, Rabu 24 Maret 2021.

Ia juga mengajak generasi muda Muslim agar mempunyai kepedulian dalam mempelajari dan melaksanakan konsep ekonomi dan keuangan syariah sesuai dengan semangat zaman.

Dewasa ini, instrumen perbankan syariah, pasar modal, asuransi, reksadana, obligasi dan surat berharga atau sukuk semakin berkembang. Mereka menjadi alternatif yang memiliki keunggulan kompetitif.

Meski demikian, Fuad mengakui masih banyak kekurangan dalam tataran implementasi yang perlu diperbaiki. Supaya perkembangan ekonomi syariah menghadirkan dampak yang lebih besar secara keseluruhan.

“Supaya perkembangan ekonomi syariah menghadirkan dampak besar terhadap kehidupan umat Islam dan bangsa Indonesia secara keseluruhan,” ujar Fuad.

Indonesia saat ini sedang giat-giatnya menegakkan keberadaan ekonomi syariah. Hal ini salah satunya dibuktikan dengan penggabungan bank syariah milik BUMN meliputi bank BNI syariah, BRI syariah serta Mandiri syariah menjadi Bank Syariah Indonesia. Namun, seperti apa itu ekonomi syariah?

Pengertian Ekonomi Syariah

Menurut salah satu pakar ekonomi, Monzer Kahf, ekonomi syariah adalah bagian dari ilmu ekonomi yang bersifat interdisipliner atau tidak dapat berdiri sendiri dan perlu penguasaan baik terhadap ilmu pendukungnya.

Sedangkan menurut M.A Mannan, ekonomi syariah merupakan ilmu yang mempelajari masalah ekonomi rakyat yang diilhami oleh nilai Islam.

Berdasarkan pendapat dua pakar itu, maka dapat disimpulkan bahwa ekonomi syariah adalah bentuk penerapan konsep nilai Islam dalam menjalankan kegiatan ekonomi baik secara langsung maupun tidak langsung.

Prinsip Ekonomi Syariah

Berbeda dengan prinsip ekonomi secara luas, ekonomi syariah pun memiliki prinsip tersendiri yang didasarkan pada ajaran agama islam, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Berbagai sumber daya dipandang sebagai pemberian atau titipan dari Allah SWT kepada manusia
  • Kerja sama merupakan penggerak utama dalam ekonomi syariah
  • Ekonomi syariah menjamin kepemilikan masyarakat dan penggunaannya direncanakan untuk kepentingan orang banyak
  • Melarang segala bentuk riba
  • Ekonomi syariah menolak suatu akumulasi kekayaan yang dikuasai oleh beberapa orang
  • Kekayaan yang sudah memenuhi batas atau nisab harus di bayarkan zakatnya

Tujuan Ekonomi Syariah

Menurut Mohammad Hidayat dalam bukunya Pengantar Ekonomi Islam, ekonomi syariah memiliki beberapa tujuan seperti:

  • Kebebasan individu dalam konteks kemaslahatan sosial
  • Persaudaraan dan keadilan universal
  • Kesejahteraan ekonomi dalam kerangka norma moral islam
  • Distribusi pendapatan dan kekayaan yang merata

Karakteristik Ekonomi Syariah

Ekonomi syariah tentu memiliki karakteristiknya tersendiri jika dibanding dengan ekonomi konvensional. Beberapa diantaranya yaitu ditegakkannya prinsip ekonomi ketuhanan yang menekankan bahwa segala bentuk materi bersumber dari Allah SWT.

Ekonomi syariat juga disebut ekonomi pertengahan atau dijalankan dengan menyeimbangkan berbagai aspek baik dunia maupun akhirat. Serta ekonomi berkeadilan yakni memperlihatkan aspek keadilan bagi semua pihak yang terlibat dalam praktik di dalamnya.

Nah, demikian penjelasan tentang apa itu ekonomi syariah. Sekarang kami harap, kalian juga sudah paham bagaimana prinsip, karakteristik dan tujuan ekonomi syariah.

  • Bagikan