Ketua Umum PP Muhammadiyah 2022-2027 Adalah Haedar Nashir

Ketua Umum PP Muhammadiyah

Menit.co.id – Ketua Umum PP Muhammadiyah periode 2022-2027 adalah Haedar Nashir. Ia kembali mendapatkan keperyaan untuk menjadi ketua.

Adapun Sekretaris Umum kembali dijabat pengurus sebelumnya, Abdul Mu’ti.

Terpilihnya Haedar Nashir sebagai Ketua Umum PP Muhammadiyah dan Abdul Mu’ti sebagai Sekum berdasarkan hasil Sidang Pleno VIII Muktamar Muhammadiyah ke-48.

Adapun kegiatan berlangsung di Edutorium KH Ahmad Dahlan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Ahad, 20 November 2022.

Penetapan berlangsung lebih cepat karena awalnya di susunan acara penetapan Ketua dan Sekretaris Umum PP Muhammadiyah masa jabatan 2022-2027 itu dijadwalkan pada pukul 15.30 WIB.

Ketua Panitia Pemilihan (Panlih), Achmad Dahlan Rais, mengemukakan sidang yang diselenggarakan pada Ahad itu telah berlangsung dan berjalan dengan lancar.

Rapat di dahului dengan percakapan dan dialog tentang berbagai hal yang perlu dan penting untuk masa periode lima tahun ke depan.

Khususnya terkait dengan komunikasi di kalangan pimpinan itu sendiri lalu diikuti dengan pembahasan pendapat untuk penetapan ketua umum dan sekretaris umum.

“Hasil dari rapat didapatkan kesepakatan, secara ringkas kami sampaikan bahwa rapat memutuskan bahwa untuk Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah masa bakti 2022-2027 adalah Bapak Profesor Doktor Haedar Nashir, dan juga memutuskan sekretaris umum adalah Bapak Profesor Doktor Abdul Mu’ti,” ujar Dahlan Rais.

Ia menjelaskan ada perbedaan bahwa untuk ketua umum perlu ada penetapan dan pengesahan, adapun untuk sekretaris umum cukup diumumkan.

Usai penetapan Ketum dan Sekum PP Muhammadiyah, dilangsungkan serah terima dari jajaran pimpinan lama kepada Ketum dan Sekum PP Muhammadiyah Periode 2022-2027.