12 Keutamaan Surat Al Kafirun, Begini Cara Mengamalkannya

Keutamaan Surat Al Kafirun

MENIT.CO.ID – Sudah tahu keutamaan Surat Al Kafirun? Ini beberapa keutamaan surat Al-Kafirun dan cara mengamalkannya. Muslim wajib tahu!

Dalam kitab Al-Quran terdapat banyak sekali surat yang penuh dengan makna dan bisa dijadikan sebagai pedoman hidup. Salah satu surat adalah surat Al-Kafirun.

Melalui artikel ini, Anda sebagai seorang muslim akan mendapatkan penjelasan keutamaan surat Al Kafirun lengkap dengan cara mengamalkannya.

Apa Itu Surat Al Kafirun?

Surat Al-Kafirun merupakan surat ke-109 dari Al-Qur’an, artinya Orang-orang kafir, isi lengkapnya ayat 1-6 mengandung makna dan keutamaan.

Dalam surat Al-Kafirun juga terdapat beberapa keutamaan, salah satunya bisa mendapatkan pahala seperti khatam dalam membaca Al-Quran.

Surat Al Kafirun termasuk surat Makkiyah. Sebutan surat Al Kafirun merujuk pada ayat permulaan surat ini yakni kata al kafirun. Sesuai dengan namanya, surat Al-Kafirun mengisahkan tentang orang-orang Kafir pada masa Nabi Muhammad SAW.

Dinamakan Al Kafirun karena dalam surat ini, Allah SWT menyampaikan kepada kaum kafir bahwa perbuatan jahat mereka akan mendapat pembalasan.

Keutamaan Surat Al Kafirun

Surat Al-Kafirun bukan hanya mengisahkan tentang orang-orang kafir dari kaum Quraisy, melainkan juga tentang sikap umat Muslim kepada pemeluk agama lain.

Setiap surat di dalam kitab suci Al Quran memiliki beragam keutamaan bagi kehidupan muslim. Begitu pula dengan surat Al Kafirun yang memiliki keutamaan apabila diamalkan sehari-hari.

Selain itu, surat Al-Kafirun juga memiliki keutamaan yang istimewa lainnya. Imam Jalaluddin al-Suyuthi dalam buku Al-Itqan fi Ulumil Qur’an menjelaskan beberapa keutamaan dari membaca surat Al Kafirun. Hal ini disampaikan berdasarkan beberapa sumber yaitu:

1. Memiliki pahala sepadan khatam Al-Qur’an Apabila Dibaca Empat Kali

Keutamaan membaca surat Al-Kafirun sebanyak empat kali maka pahalanya sama seperti khatam Al-Quran. Karena keutamaan membaca surat Al Kafirun, Nabi Muhammad SAW sering mengamalkan surat Al Kafirun saat shalat sunnah.

2. Mendapatkan pahala seperempat Al-Quran

Keutamaan surat Al-Kafirun yang tak kalah istimewa adalah karena pahala yang diperoleh saat membaca surat Al-Kafirun setara dengan membaca seperempat Al-Quran, seperti yang diriwayatkan Ibnu Umar:

3. Memperkuat keimanan

Dalam surat Al Kafirun ditegaskan bahwa tiada hal yang bisa disembah selain Allah SWT. Dengan membaca surat Al Kafirun maka memperkuat iman dan menjadi cara untuk menjauhi diri dari hal-hal musyrik.

4. Menegaskan toleransi beragama

Dalam surat Al Kafirun, Allah SWT menekankan perihal toleransi antar umat beragama. Seperti yang tertuang dalam ayat terakhir dalam surat Al Kafirun yang artinya: “Untukmu agamamu, dan untukku agamaku.”

Sikap toleransi yang dimaksud adalah sikap tidak memaksakan keyakinan umat Muslim terhadap keyakinan umat non-Muslim karena Islam tidak mengajarkan dengan paksaan.

5. Menghilangkan kemusyrikan

Surat Al-Kafirun juga dapat menyadarkan seseorang dari kemusyrikan karena menyekutukan Allah SWT. Imam Ja’far ‘alaihis salaam berkata:

“Bacalah surat 7x dalam 1 hari untuk menjaga iman. Barang siapa membiasakan membacanya pada waktu matahari terbit dan terbenam maka ia akan dilindungi dari keraguan, kesyirikan, dan keyakinan yang buruk.”

6. Menghindari gangguan iblis

Surat Al-Kafirun adalah surat yang paling ditakuti oleh iblis, sesuai yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas:

“Tidak ada dalam Al-Quran yang lebih menakutkan bagi iblis daripada Qul ya ayyuhAl-Kafirun, sebab ia adalah tauhid dan pembebasan dari kemusyrikan.”

7. Membangun keberanian menghadapi orang kafir

Di dalam surat Al Kafirun terdapat makna bahwa umat muslim harus siap melawan dan menentang orang-orang kafir, bahwa agama Islam tidak bisa disamakan dengan agama mereka. Orang-orang Islam dan orang-orang kafir tentunya berbeda dan hal ini ditunjukkan dalam surat Al Kafirun.

8. Pembela antara Islam dan kafir

Surat Al Kafirun menjadi pembeda antara Islam dan kafir. Hal ini ditunjukkan oleh ayat tersebut bahwa apa yang disembah, diikuti dan apapun yang menjadi aturan Islam tidak sama dengan apa yang mereka (orang kafir) yakini. Mereka tidak dapat menjadi seorang muslim dan seorang muslim tidak bisa menjadi mereka. Inilah keutamaan ayat ini, sehingga menjadi identitas dan pembeda antara muslim dan bukan.

9. Membangun keoptimisan Islam

Surat Al Kafirun dalam sejarah dulu juga menjadi suatu penyemangat dan pembangun optimisme agar umat Islam tidak takut dan gentar dalam melawan kekafiran. Semuanya dilakukan agar Islam menang dan dapat memberikan rahmatan lil alamin bagi semesta alam.

10. Istirahat lebih tentram

Mari mulai sekarang amalkan dengan membaca surah Al Kafirun sebelum tidur. Keutamaan surah Al Kafirun lainnya yakni secara tidak sadar, ini akan membuat kualitas istirahat menjadi lebih baik.

Surat ini sering dijadikan sebagai bacaan menjelang tidur, sebagai isyarat seorang muslim melakukan ibadah kepada Allah SWT. Hal ini agar, saat menutup mata dan terbangun di pagi hari, terhindar dari kekufuran dan kesyirikan. Tidak hanya itu, semoga tidur di malam hari terhindari dari mimpi buruk syaitan.

11. Menyimpan segudang pahala

Ketahuilah bahwa keutamaan dari surah Al Kafirun lainnya yakni berkaitan tentang pahala. Dalam Islam, istilah pahala merujuk dari bahasa Arab, yang dikenal dengan sebutan ‘ajr (أجْر). Adapun arti dari pahala ini yakni sebuah imbalan atas ketaatan terhadap Allah SWT dan sunah Rasulullah SAW. Membaca dan mengamalkan surah Al Kafirun dipercaya dapat melipatgandakan pahala untuk pembacanya. Ajarkan bacaan surat Al Kafirun pada anak.

12. Keshahihan dalam ibadah

Rasulullah SAW mengamalkan surah Al Kafirun dalam setiap ibadah subuh dan magrib. Keutamaan yang dapat dirasakan yakni sebagai pelengkap kesahihan sebuah ibadah.

Sahabat Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu menjelaskan,

مَا أُحْصِي مَا سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْرَأُ فِي الرَّكْعَتَيْنِ بَعْدَ المَغْرِبِ ، وَفِي الرَّكْعَتَيْنِ قَبْلَ صَلَاةِ الفَجْرِ : بِقُلْ يَا أَيُّهَا الكَافِرُونَ، وَقُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ

Artinya: “Tak terhitung aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membaca surah Al Kafirun dan Al Ikhlas ketika shalat 2 rakaat setelah maghrib dan 2 rakaat sebelum subuh.” (HR. Turmudzi 431 dan dishahihkan al-Albani).

Cara Mengamalkan Surat Al-Kafirun

Adapun cara mengamalkan Surat Al-Kafirun sesuai dengan isi pokok atau kandungannya yakni sebagai berikut:

  • Saling menghargai antar pemeluk agama dalam melaksanakan ibadah sesuai dengan keyakinan masing-masing.
  • Saling menghargai dan menghormati perbedaan yang ada di tengah-tengah masyarakat.
  • Saling menghargai dan tidak memaksakan keyakinan kepada orang yang telah Dalam surat Al Kafirun juga terdapat beberapa keutamaan, salah satunya bisa mendapatkan pahala seperti khatam Al-Quran.
  • Saling menghargai dan setia kawan kepada semua teman tanpa membedakan agama, suku, dan ras.
  • Saling berbagi dan tolong menolong dalam kegiatan sosial antar pemeluk agama.
  • Saling menghargai dan memberi maaf atas kesalahan orang lain.
  • Menumbuhkan semangat gotong royong.
  • Istiqomah dalam aqidah dan ibadah Islamiah.

Itulah tadi informasi keutamaan surat Al Kafirun lengkap dengan cara mengamalkannya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk umat Islam di seluruh dunia.