Lima Maksiat yang Langsung Dibalas Saat di Dunia

    Selasa, 11 Desember 2018 - 10:32 Editor : Redaksi Dibaca : 172 Views

    Menit.co.id Segala macam perbuatan kita di dunia, entah itu yang baik atau buruk, maka akan mendapat balasannya di akhirat nanti. Kalau banyak melakukan kebaikan maka nanti akan dibalas dengan kebaikan. Begitupun sebaliknya, jika banyak melakukan keburukan maka balasannya adalah keburukan.

    Namun pada dasarnya, semua perbuatan yang kita lakukan balasannya tak hanya akan didapatkan di akhirat nanti, tapi di dunia juga akan segera mendapatkan balasannya tergantung apa yang kita tanam.

    Seperti beberapa perbuatan maksiat ini yang balasannya akan segera dirasakan saat di dunia juga. Saking besarnya dosa dari maksiat ini, maka balasannya akan langsung nampak ketika masih di dunia juga dan rasanya sangat pedih sekali. Dosa apa sajakah itu?

    1. Mencuri
    Mengambil barang orang lain yang bukan milik kita tanpa ada izin dari pemiliknya termasuk perbuatan haram. Islam sangat-sangat melarang tindakan mencuri dalam bentuk apapun karena dosanya sangat besar. Meskipun itu hanya mengambil buah yang terjatuh di halaman rumah orang lain.

    Sebab dari barang yang kita curi itu nantinya akan jadi darah daging dan kemudian diturunkan kepada anakanak kita. Maka tak heran balasan dari mencuri akan terasa saat masih di dunia juga. Suatu saat nanti juga akan ada orang lain yang mencuri barang-barang milik kita sebagai balasan dari apa yang pernah kita curi sebelumnya.

    2. Berzina
    Zina merupakan perbuatan dosa besar. Saking besarnya dosa zina, tak hanya akan dirasakan di akhirat nanti, tapi di dunia juga akan segera dirasakan pahitnya dari perbuatan tersebut.

    Akibat zina sering terjadi kejadian hamil di luar nikah dan pada akhirnya terpaksa menikah. Aib ini akan terus terbawa selama kita hidup. Dari hubungan terlarang itu pun, tak menutup kemungkinan kehidupan rumah tangga sangat kacau balau.

    Selain itu, zina bisa menyebabkan seseorang menderita HIV/AIDS. Seperti yang kita ketahui, penyakit ini akan menyerang sistem kekebalan tubuh. Pada akhirnya tubuh kita jadi lemah dan tak berdaya. Dalam kata lain kita tinggal menunggu ajal tiba karena penyakit ini belum ada obatnya.

    3. Durhaka pada orang tua
    Anak yang durhaka pada orang tuanya akan segera mendapatkan azab yang pedih, tak hanya di akhirat nanti, tapi di dunia juga akan segera merasakannya.

    Terlebih lagi jika orang tua sudah terlanjur tersakiti dan kemudian mengadu kepada Allah. Maka doa orang tua itu akan langsung sampai kepada Allah. Menurut Rasulullah, salah satu doa yang tidak tertolak adalah doa orang tua.

    Maka anak durhaka itu akan mengalami kemalangan hidup, banyak kejadian tragis yang menimpanya dan dia akan sulit sekali mendapatkan hidayah dari Allah. Hati anak durhaka akan dibekukan oleh Allah sampai ia mati dalam keadaan celaka.

    Oleh karena itu jangan pernah sekali-kali menyakiti perasaan orang tua. Hormatilah orang tua dan patuhilah perintahnya selama itu baik.

    4. Memfitnah orang lain
    Fitnah itu lebih kejam daripada membunuh. Sebab sakit yang dirasakan dari fitnahan tersebut bisa berlangsung seumur hidup, sedangkan rasa sakit ketika mati hanya sebentar saja. Tak heran jika fitnah disebut lebih kejam dari membunuh.

    Orang yang kerjaannya suka memfitnah, mengadudombakan orang lain, iri pada keburukan orang, suka mencaci maki, maka Allah akan membalasnnya dengan balasan setimpal. Allah akan membukan aib orang tersebut sehingga seluruh aibnya diketahui. Dan orang itu suatu saat nanti akan menanggung rasa malu yang amat berlebih. Di dunia, orang seperti itu akan Allah turunkan derajanya sampai ke dasar kehinaan.

    5. Serakah terhadap warisan
    Serakah terhadap warisan yang ditinggalkan orang tua juga termasuk dosa besar. Orang yang serakah sama harta warisan, dia akan merasa dirinya paling untung, tapi lihat nanti ke depannya bagaimana nasib orang seperti itu.

    Allah akan menutup pintu rezekinya. Dia akan mengalami kerugian terus menerus meski berbagai macam cara sudah dilakukan. Hatinya akan selalu merasa susah dan kurang. Uangnya banyak habis tanpa alasan yang jelas. Pada akhirnya hidupnya akan melarat.

    Agar balasan dari dosa-dosa tersebut terhindar, segeralah tobat dan jangan sekali-kali lagi melakukan perbuatan dosa seperti itu. Ingatlah kalau Allah itu Maha Pengampun.

    (wmc/wmc)



    Komentar Pembaca: