Tips Puasa untuk Busui Agar Aman dan Lancar Menjalankannya

tips puasa untuk busui

MENIT.CO.ID – Menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan merupakan momen istimewa bagi umat Islam. Bagi ibu menyusui (busui), keinginan untuk berpuasa mungkin muncul.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar puasa aman dan lancar bagi busui dan bayinya. Kabar baiknya, ada beberapa cara yang bisa bunda ikuti untuk bisa berpuasa sambil menyusui dengan lancar.

Untuk para ibu menyusui yang tetap ingin menjalani ibadah puasa, berikut ini beberapa panduan yang dapat membantu menjaga kesehatan dan kelancaran menyusui.

Tips Puasa untuk Busui

Berikut beberapa tips puasa untuk Busui agar aman dan lacar menjalankannya di bulan Ramadhan 2024:

1. Konsultasi dengan Dokter atau Ahli Gizi

Sebelum memutuskan untuk berpuasa, penting bagi busui untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi. Hal ini untuk memastikan kondisi kesehatan busui dan bayinya baik-baik saja, serta untuk mendapatkan panduan yang tepat mengenai pola makan dan minum selama berpuasa.

2. Perhatikan Kondisi Kesehatan Bayi

Pastikan bayi mendapatkan ASI yang cukup dan eksklusif. Jika produksi ASI menurun selama berpuasa, busui dapat memperbanyak minum air putih, mengkonsumsi makanan bergizi, dan istirahat yang cukup.

3. Pastikan Asupan Nutrisi Terpenuhi

Saat sahur dan berbuka, pilihlah makanan bergizi seimbang yang kaya akan protein, karbohidrat kompleks, lemak sehat, vitamin, dan mineral. Hindari makanan yang tinggi gula, garam, dan lemak jenuh.

4. Perbanyak Minum Air Putih

Minum air putih minimal 8 gelas per hari untuk mencegah dehidrasi. Waktu terbaik untuk minum air putih adalah saat sahur, berbuka, dan di antara waktu shalat.

5. Istirahat yang Cukup

Kurang tidur dapat menyebabkan kelelahan dan dehidrasi. Pastikan busui mendapatkan istirahat yang cukup agar tubuhnya tetap fit selama berpuasa.

6. Hindari Aktivitas Fisik Berat

Aktivitas fisik berat dapat menyebabkan tubuh kehilangan banyak energi dan cairan. Sebaiknya busui melakukan aktivitas fisik yang ringan dan tidak terlalu melelahkan.

7. Segera Berbuka Puasa Jika Merasa Pusing, Lemas, atau Mual

Jika busui merasa pusing, lemas, atau mual, segera berbuka puasa dan konsumsi makanan dan minuman yang manis. Jika kondisi tidak membaik, segera hubungi dokter.

8. Perhatikan Tanda Dehidrasi pada Bayi

Beberapa tanda dehidrasi pada bayi antara lain:

  • Popok bayi jarang basah
  • Air mata bayi berkurang
  • Fontanel (ubun-ubun) bayi cekung
  • Bayi terlihat lemas dan rewel

Jika bayi menunjukkan tanda-tanda dehidrasi, segera berikan ASI atau susu formula dan hubungi dokter.

9. Tidak Memaksakan Diri

Jika busui merasa tidak kuat untuk melanjutkan puasa, tidak perlu memaksakan diri. Segera berbuka puasa dan perhatikan kondisi kesehatan diri dan bayi.

10. Konsumsi Makanan Pelancar ASI

Beberapa makanan yang dapat membantu melancarkan ASI antara lain:

  • Daun katuk
  • Daun kelor
  • Fenugreek
  • Salmon
  • Oatmeal

Dengan mengikuti tips-tips di atas, diharapkan busui dapat menjalankan ibadah puasa dengan aman dan lancar tanpa mengkhawatirkan kesehatan diri dan bayinya.