Video Viral Pj Bupati Garut Saweran di Acara Haji saat Penggalangan Dana untuk Palestina

Video Viral Pj Bupati Garut Saweran di Acara Haji saat Penggalangan Dana untuk Palestina
Video Viral Pj Bupati Garut Saweran di Acara Haji saat Penggalangan Dana untuk Palestina. Sumber Foto: Pikiran Rakyat

MENIT.CO.ID – Masyarakat Garut dikejutkan dengan beredarnya video yang diduga menampilkan PJ Bupati Garut sedang melakukan saweran di acara silaturahmi Jemaah Haji 43.

Sementara itu, tidak jauh dari lokasi tersebut, di Alun-alun Garut sedang berlangsung aksi dukungan dan penggalangan dana untuk Palestina.

Kejadian ini memicu berbagai reaksi dari masyarakat yang mempertanyakan etika dan sensitivitas pemimpin daerah mereka.

Dalam video yang diunggah oleh akun TikTok @gaming5439, terlihat PJ Bupati Garut membuang uang ke atas diiringi musik dangdut.

Video tersebut disertai tulisan, “Di Alun-alun Galang Dana Buat Palestina, Di Aula Pendopo Dangdutan + Saweran”.

Selain itu, video berdurasi 36 detik yang beredar di grup WhatsApp menunjukkan PJ Bupati menyanyikan lagu “Oh Burung Nyanyikanlah, Kabarkan Padanya Aku Rindu” sambil melempar uang yang kemudian menjadi rebutan peserta acara.

Reaksi keras datang dari berbagai kalangan warga Garut. Salah satu komentar di grup WhatsApp berbunyi, “Tah PJ Bupati ker ngawur-ngawur duit di pendopo, ker dangdutan di pendopo ngawur-ngawur duit, viralkeun… di belah die ke bela Palestina… di pendopo ker hura-hura”, begitu bunyi komentar dari salah satu warga di grup WA.

Banyak warga yang merasa tindakan PJ Bupati tidak pantas dan sangat tidak menghargai momen penggalangan dana yang sedang berlangsung untuk Palestina.

Panitia acara Aksi Damai Bela Palestina, Jajang Badrujaman, yang akrab disapa Abah Muda 212, juga mengungkapkan kekecewaannya karena PJ Bupati Garut tidak hadir dalam acara mereka.

“Kami merasa sangat kecewa karena PJ Bupati tidak hadir dalam acara yang sangat penting ini, padahal undangan sudah disampaikan jauh-jauh hari,” tegas Abah Muda 212.

Menurutnya, kehadiran pemimpin daerah sangat dibutuhkan untuk memberikan dukungan moral dan semangat bagi kegiatan solidaritas tersebut.

Kontroversi ini telah memicu perdebatan di kalangan masyarakat Garut. Banyak yang mempertanyakan mengapa PJ Bupati memilih untuk menghadiri dan berpartisipasi dalam acara silaturahmi dengan cara yang dinilai tidak pantas, sementara ada aksi solidaritas yang membutuhkan dukungan dari pemimpin daerah.

Beberapa warga bahkan mendesak agar video tersebut diviralkan untuk menunjukkan ketidakpantasan perilaku PJ Bupati di saat yang sama.

Hingga saat ini, belum ada pernyataan resmi dari PJ Bupati Garut terkait video tersebut. Aksi ini digelar oleh masyarakat Garut sebagai bentuk solidaritas terhadap Palestina.

Kegiatan ini meliputi penggalangan dana dan doa bersama untuk meringankan beban warga Palestina yang sedang menghadapi situasi sulit.

Dukungan dari berbagai kalangan, termasuk pejabat daerah, sangat diharapkan untuk memperkuat semangat kebersamaan dan kemanusiaan.