Alun-alun Kota Bogor, Ikon Baru Kota Hujan

Alun-alun Kota Bogor

Menit.co.id – Alun-alun Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat, sekarang menjadi ikon baru kota hujan. Peresmian oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Jumat (17/12/2021).

Alun-alun Kota Bogor, di bangun di atas lahan seluas 1,7 hektare yang berlokasi di Jalan Kapten Muslihat, bersebelahan dengan Stasiun Bogor.

Pembangunannya sendiri menelan anggaran mencapai Rp 15 miliar dari dana bantuan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat.

Alun-alun ini memiliki desain yang modern mirip konsep ruang terbuka di negara Eropa serta di lengkapi sederet fasilitas seperti area olahraga dan tempat bermain.

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil menganggap, keberadaan alun-alun ini sangat spesial dan berbeda dengan alun-alun lainnya yang ada di Jawa Barat.

Salah satu yang membedakan, kata Emil, yaitu adanya perpaduan unsur sejarah dan religi yang kuat. Hal itu terlihat dari letak posisi alun-alun tersebut.

Di mana berdampingan dengan bangunan bersejarah Stasiun Bogor serta Masjid Agung yang saat ini masih dalam proses pembangunan.

“Alun-alun terintegrasi langsung dengan kedua bangunan tersebut. Dengan dukungan anggaran Pemprov Jabar, Rp 15 miliar kita siapkan. Alhamdulillah, hasilnya baik,” katanya.

“Saya kasih nilai 9 untuk desain dan konsep pengerjaannya. Tinggal dalam prosesnya tolong di jaga. Titip setelah ini, biasanya ada euforia dari warga, tolong di atur,” kata Kang Emil, sapaan akrabnya.