Batas Daratan Pulau Sumatera, Ini Ulasan Selengkapnya

Batas Daratan Pulau Sumatera

MENIT.CO.ID – Artikel ini tersaji informasi mengenai batas daratan Pulau Sumatera. Bila ingin mengetahui detailnya, simak ulasan yang terangkum disini.

Pulau Sumatera adalah pulau terbesar keenam di dunia dan merupakan salah satu dari empat pulau utama di Indonesia. Secara geografis, pulau ini terletak di antara 6°LU hingga 10°08’LS dan 95°20’BT hingga 108°12’BT.

Pulau Sumatera memiliki garis pantai yang panjang, dengan batas daratan yang jelas di sepanjang perairan yang mengelilinginya.

Batas Daratan Pulau Sumatera

Sebelah Utara:

Selat Malaka: Pulau Sumatera berbatasan dengan Selat Malaka yang memisahkannya dari Semenanjung Malaysia di utara. Selat ini menghubungkan Samudera Hindia dengan Laut Cina Selatan.

Sebelah Barat:

Samudera Hindia: Pulau Sumatera berbatasan langsung dengan Samudera Hindia di sepanjang garis pantainya di sebelah barat.

Sebelah Timur:

Selat Bangka: Bagian timur Pulau Sumatera berbatasan dengan Selat Bangka, yang memisahkan pulau ini dari Pulau Bangka di provinsi Bangka Belitung.

Selat Gaspar: Di sebelah timur laut Pulau Bangka, terdapat Selat Gaspar yang memisahkan Pulau Sumatera dari Pulau Belitung di provinsi Bangka Belitung.

Selat Karimata: Di bagian timur laut Pulau Bangka, terdapat Selat Karimata yang memisahkan Pulau Sumatera dari Pulau Kalimantan (Borneo) di sebelah timur.

Sebelah Selatan:

Samudera Hindia: Pulau Sumatera berbatasan dengan Samudera Hindia di sepanjang garis pantai selatannya.
Pulau Sumatera memiliki wilayah yang luas, dengan kondisi geografis yang beragam, mulai dari perbukitan, pegunungan, hutan hujan tropis, dan dataran rendah yang subur.

Pulau ini juga dikelilingi oleh beberapa pulau-pulau kecil di sekitarnya, seperti Pulau Nias, Pulau Simeulue, dan Pulau Mentawai di sebelah barat laut, serta Pulau Bangka dan Pulau Belitung di sebelah timur laut.

Batas daratan Pulau Sumatera ini merupakan hal yang penting dalam aspek geopolitik dan perencanaan pembangunan wilayah.

Berbagai provinsi di Pulau Sumatera memiliki pemerintahan sendiri dan wilayah administratif yang ditetapkan berdasarkan batas daratan tersebut.