Kapan BLT Mitigasi Pangan 2024 Cair? Ini Jadwal Pencairan dan Cara Ceknya

BLT Mitigasi Pangan 2024

MENIT.CO.ID – Pencairan BLT Mitigasi Pangan 2024 masih dinanti-nanti oleh masyarakat. Bantuan ini diharapkan dapat membantu meringankan beban masyarakat di tengah kenaikan harga pangan.

Pemerintah telah mengumumkan bahwa BLT Mitigasi Pangan 2024 akan dicairkan pada bulan Maret 2024. Namun, hingga tanggal 17 Maret 2024, belum ada kepastian mengenai tanggal pencairannya.

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian terkait sebelumnya mengatakan bahwa BLT Mitigasi Pangan 2024 akan dicairkan sebelum Hari Raya Idul Fitri.

Idul Fitri jatuh pada tanggal 10 April 2024, sehingga kemungkinan BLT Mitigasi Pangan akan dicairkan pada minggu pertama atau kedua bulan April.

Masyarakat yang ingin mengetahui apakah mereka termasuk penerima BLT Mitigasi Pangan 2024 dapat mengeceknya melalui beberapa cara:

Cara Cek Penerima BLT Mitigasi Pangan 2024

1. Buka situs cekbansos.kemensos.go.id.
2. Masukkan nama provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa/kelurahan.
3. Masukkan nama Penerima Manfaat (PM) yang sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).
4. Ketik empat huruf kode sesuai dengan yang ditampilkan pada kotak kode, tidak menggunakan spasi.
5. Apabila kodenya kurang jelas dilihat, bisa tekan “refresh” untuk memunculkan kode baru.
6. Setelah mengetik kode tersebut, tekan “cari data”.
7. Halaman situs Kementerian Sosial (Kemensos) akan menampilkan nama PM sesuai dengan wilayah atau daerah yang telah dimasukkan.
8. Masyarakat yang termasuk penerima BLT El Nino, ditandai dengan kolom Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT) atau bantuan sembako berstatus “ya”.
9. Jika PM tidak memiliki “aplikasi cek bansos”, tekan “buat akun baru” dan isi kolom yang diperintahkan, seperti Kartu Keluarga (KK), Nomor Induk Kependudukan (NIK), alamat yang sesuai dengan KTP, dan lampirkan swafoto KTP dan KK.
10. Tekan “buat akun baru”, data akan diverifikasi oleh Kemensos.
11. Sesudah diverifikasi, akun atau user ID akan diaktivasi dan menu yang ditampilkan pada Aplikasi Cek Bansos bisa diakses.
12. Masuk atau login dengan menggunakan username dan kata sandi yang sesuai.
13. Tekan menu “cek bansos”, lalu isi seluruh data sesuai dengan KTP.
14. Berikutnya, tekan “cari data”, sistem akan menampilkan data PM bansos, termasuk penerima bantuan sembako beserta statusnya.

BLT Mitigasi Cair Lewat Apa?

Pencairan BLT Mitigasi Risiko Pangan tahap pertama senilai Rp 600.000 akan dimulai dari bulan Maret 2024. Bantuan ini ditujukan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.

Penyaluran BLT Mitigasi Risiko Pangan 2024 dilakukan melalui dua cara:

1. Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)

KPM yang memiliki KKS akan menerima bantuan secara langsung melalui ATM Himbara (Himpunan Bank Milik Negara) yang terdaftar, yaitu Bank Mandiri, BRI, BNI, dan BTN. KPM dapat langsung mencairkan bantuan di ATM dengan menggunakan PIN KKS.

2. Kantor Pos Indonesia

Bagi KPM yang tidak memiliki KKS atau tidak terdaftar di bank Himbara, penyaluran BLT Mitigasi Risiko Pangan dilakukan melalui Kantor Pos Indonesia.

KPM akan menerima surat undangan pengambilan bantuan yang berisi jadwal dan lokasi pencairan. KPM perlu membawa surat undangan tersebut beserta KTP asli saat mengambil bantuan di Kantor Pos.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait pencairan BLT Mitigasi Risiko Pangan:

  • Pastikan Anda terdaftar sebagai KPM di DTKS Kemensos.
  • Cek status pencairan bantuan melalui situs web cekbansos.kemensos.go.id: URL cekbansos.kemensos.go.id atau aplikasi Cek Bansos.
  • Bawa KTP asli saat mengambil bantuan di Kantor Pos.
  • Jangan percaya kepada pihak yang menawarkan bantuan untuk mencairkan BLT dengan imbalan tertentu.