Cara Ganti KTP Rusak dan Hilang Terbaru 2024

MENIT.CO.ID – Ingin tahu bagaimana cara ganti KTP rusak dan hilang? Ini tata cara ganti KTP rusak dan hilang secara manual dan online terbaru 2024.

Kartu Tanda Penduduk (KTP) adalah identitas resmi penduduk yang diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

KTP berlaku di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia Kehadiran Identitas Kependudukan Digital (IKD) tidak serta-merta menggantikan Kartu Tanda Penduduk atau KTP.

Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Dukcapil Kemendagri) Teguh Setyabudi mengatakan, IKD dan KTP elektronik akan saling melengkapi dan tetap berlaku di Indonesia.

Oleh karena itu, Dukcapil masih melayani pencetakan KTP yang rusak maupun hilang agar setiap penduduk masih memegang bentuk fisik identitas diri.

“(KTP rusak dan hilang) masih bisa dicetak ulang,” kata Teguh, seperti Menit.co.id kutip dari Kompas, Senin (15/1/2024). Pihaknya juga memastikan biaya cetak ulang atau ganti KTP masih gratis atau tidak dikenakan biaya.

Cara mengurus KTP rusak atau hilang juga dapat dilakukan secara manual dengan mendatangi Dinas Dukcapil masing-masing maupun secara online. Lantas, bagaimana syarat dan caranya?

Syarat Ganti KTP Rusak dan Hilang

Untuk syarat ganti KTP rusak dan hilang, Teguh mengatakan, warga yang hendak membuat permohonan pencetakan ulang KTP perlu melampirkan sejumlah syarat.

“Kalau rusak harus menunjukkan fisik rusaknya, kalau hilang harus menunjukkan surat kehilangan dari kepolisian. Itu regulasi di Perpres (Peraturan Presiden) Nomor 96 Tahun 2018,” kata Teguh.

Beberapa syarat juga berlaku bagi masyarakat yang ingin mengganti domisili atau data lainnya yang tercantum dalam KTP. Syarat ganti KTP meliputi:

  • Surat Keterangan Pindah (SKP) bagi penduduk yang mengalami pindah atau datang domisili
  • KTP elektronik (KTP-el) lama dan surat keterangan atau bukti perubahan peristiwa kependudukan dan peristiwa penting (jika terjadi perubahan data)
  • KTP-el yang rusak (jika rusak)
  • Surat kehilangan dari kepolisian (jika hilang).

Cara Ganti KTP Hilang dan Rusak 2024

Setelah menyiapkan beberapa persyaratan, penduduk dapat mendatangi Dinas Dukcapil di masing-masing kabupaten/kota untuk mengajukan permohonan ganti KTP.

Berikut langkah-langkah meminta penerbitan KTP untuk mengganti dokumen yang rusak atau hilang:

  • Datang ke Kantor Dinas Dukcapil setempat dengan membawa persyaratan
  • Ajukan permohonan penggantian KTP kepada petugas loket
  • Serahkan KTP asli atau persyaratan lain untuk diperiksa oleh petugas
  • Petugas akan memberikan formulir peristiwa kependudukan atau F-1.02 Isi formulir sesuai data
  • Setelah proses administrasi selesai, pemohon akan diminta untuk pengambilan foto atau sidik jari jika diperlukan
  • KTP-el pengganti dokumen yang rusak atau hilang siap dicetak.

Cara Mengganti KTP Rusak dan Hilang Secara Online

Cara ganti KTP rusak dan hilang via online Teguh menjelaskan, pelayanan penerbitan KTP-el secara online sangat dimungkinkan jika Dinas Dukcapil Kabupaten/Kota membuka pelayanan administrasi kependudukan daring.

“Kelengkapan persyaratan nanti di-upload ke aplikasi pelayanan online di masing-masing Dinas Dukcapil Kabupaten/Kota,” kata dia.

Tidak disediakan secara nasional, pelayanan kependudukan ini sangat bergantung pada masing-masing daerah.

“Contohnya Dinas Dukcapil yang sudah membuka layanan online adalah Dinas Dukcapil Provinsi DKI Jakarta melalui aplikasi Alpukat Betawi,” ungkap Teguh.

Bagi layanan online, penduduk dapat mengunduh aplikasi seperti Alpukat Betawi, yang merupakan inisiatif Dinas Dukcapil Provinsi DKI Jakarta.

Melalui aplikasi ini, pengguna dapat melakukan registrasi, mengajukan permohonan ganti KTP, dan mengunggah dokumen persyaratan secara daring.

Proses ini kemudian akan melibatkan penjadwalan untuk pengambilan KTP di Kantor Dukcapil setempat, yang dapat dipantau melalui status pengajuan dalam aplikasi.