Contoh Teks Argumentasi Singkat dengan Berbagai Tema

Makalah Filsafat Ketuhanan
Female hands writing on notepad and working on computer

MENIT.CO.ID – Kamu sedang mencari contoh teks argumentasi singkat dengan berbagai tema? Jika iya, inilah contoh teks argumentasi singkat berbagai tema.

Sebelum mendapatkan contohnya, Anda simak dulu penjelasan atau pengertian dari teks argumentasi yang sedang kamu cari-cari melalui internet di bawah ini.

Teks argumentasi adalah teks yang bertujuan untuk meyakinkan pembaca agar menyetujui pendapat atau pendirian penulis.

Teks argumentasi biasanya membahas masalah yang kontroversial atau masalah yang memiliki banyak sudut pandang.

Penulis teks argumentasi harus mampu menyajikan argumen yang kuat dan meyakinkan agar pembaca dapat setuju dengan pendapatnya.

Struktur teks argumentasi terdiri dari tiga bagian, yaitu:

  • Pernyataan pendapat (tesis)

Pernyataan pendapat adalah bagian dari teks argumentasi yang berisi pernyataan penulis tentang masalah yang dibahas. Pernyataan pendapat harus bersifat umum dan tidak boleh bersifat pribadi.

  • Argumentasi

Argumentasi adalah bagian dari teks argumentasi yang berisi alasan-alasan yang mendukung pernyataan pendapat penulis. Argumentasi harus bersifat logis dan dapat dipertanggungjawabkan.

  • Kesimpulan

Kesimpulan adalah bagian dari teks argumentasi yang berisi rangkuman dari pernyataan pendapat dan argumentasi yang telah disampaikan. Kesimpulan harus bersifat tegas dan memuat penegasan kembali terhadap pernyataan pendapat penulis.

Berikut adalah ciri-ciri teks argumentasi:

  • Memiliki pendapat atau pendirian yang jelas
  • Memiliki argumen yang kuat dan meyakinkan
  • Menggunakan bahasa yang jelas dan logis
  • Memiliki struktur yang baik

Berikut adalah beberapa tips untuk menulis teks argumentasi yang baik:

  • Pilihlah masalah yang kontroversial atau memiliki banyak sudut pandang.
  • Buatlah pernyataan pendapat yang bersifat umum dan tidak bersifat pribadi.
  • Kumpulkanlah argumen yang kuat dan meyakinkan.
  • Gunakan bahasa yang jelas dan logis.
  • Buatlah struktur teks yang baik.

Teks argumentasi dapat digunakan dalam berbagai konteks, seperti dalam karya tulis ilmiah, artikel, opini, dan surat kabar. Teks argumentasi juga dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari, seperti dalam percakapan, debat, dan diskusi.

Contoh Teks Argumentasi

Berikut ini adalah contoh teks argumentasi singkat dengan berbagai tema:

Tema Pendidikan

Pendidikan adalah salah satu hal yang paling penting dalam kehidupan manusia. Pendidikan dapat memberikan kita pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai yang dapat membantu kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Pendidikan juga dapat membantu kita untuk mendapatkan pekerjaan yang baik, meningkatkan taraf hidup kita, dan memajukan masyarakat kita.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memberikan pendidikan yang berkualitas bagi anak-anak kita. Kita dapat memberikan mereka pendidikan yang berkualitas dengan menyekolahkan mereka di sekolah yang baik, memberikan mereka buku-buku dan alat-alat belajar yang mereka butuhkan, dan memberikan mereka dukungan moral dan materi yang mereka butuhkan.

Tema Kesehatan

Kesehatan adalah hal yang paling penting dalam kehidupan manusia. Kesehatan yang baik dapat membantu kita untuk menjalani hidup yang lebih produktif dan bahagia. Kesehatan yang baik juga dapat membantu kita untuk menghindari penyakit dan biaya pengobatan yang mahal.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjaga kesehatan kita. Kita dapat menjaga kesehatan kita dengan makan makanan yang sehat, berolahraga secara teratur, dan tidur yang cukup. Kita juga dapat menjaga kesehatan kita dengan rutin memeriksakan kesehatan kita ke dokter.

Tema Lingkungan

Lingkungan adalah tempat kita hidup. Lingkungan yang sehat adalah lingkungan yang bersih, indah, dan nyaman untuk dihuni. Lingkungan yang sehat juga dapat memberikan kita berbagai manfaat, seperti udara yang bersih, air yang bersih, dan makanan yang sehat.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjaga lingkungan kita. Kita dapat menjaga lingkungan kita dengan tidak membuang sampah sembarangan, tidak menebang pohon sembarangan, dan tidak menggunakan bahan-bahan yang berbahaya bagi lingkungan. Kita juga dapat menjaga lingkungan kita dengan berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk melindungi lingkungan.

Tema Sosial

Masyarakat adalah kumpulan orang yang hidup bersama dalam suatu wilayah. Masyarakat yang baik adalah masyarakat yang harmonis, saling membantu, dan saling menghormati. Masyarakat yang baik dapat memberikan kita berbagai manfaat, seperti rasa aman, rasa nyaman, dan rasa kebersamaan.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk membangun masyarakat yang baik. Kita dapat membangun masyarakat yang baik dengan saling membantu, saling menghormati, dan saling menghargai. Kita juga dapat membangun masyarakat yang baik dengan berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk memajukan masyarakat.

Ini hanyalah beberapa contoh teks argumentasi singkat dengan berbagai tema. Semoga bermanfaat.