Gajah Liar Masuk Tol Pekanbaru-Dumai, Ini Solusi BKSDA Riau

Gajah Liar Masuk Tol

Menit.co.id – Seekor gajah liar berjenis jantan dewasa membuat heboh setelah masuk ke Tol Pekanbaru-Dumai karena underpass kebanjiran. Apa solusi dari Balai BKSDA?

Plt Kepala Balai BKSDA Riau Fifin Arfiana mengatakan pihaknya sudah menggelar rapat dengan pengelola Tol Pekanbaru-Dumai.

Ada beberapa solusi yang bakal di lakukan untuk mencegah gajah masuk jalan bebas hambatan.

“Ada beberapa hal yang perlu di tindaklanjuti untuk antisipasi ke depan. Pertama WhatsApp group sudah terbentuk untuk komunikasi lebih intensif untuk infokan keberadaan dan pergerakan gajah,” kata Fifin, Kamis (17/2/2022).

Selain komunikasi intensif, pihaknya akan menanam pisang di sekitar wilayah underpass di Km 72. Hal ini agar gajah di sekitar lokasi tetap berjalan ke underpass.

“Memperbanyak tanaman pisang di sekitar mulut underpass. Bahkan sepanjang pagar di sekitar kanan kiri terowongan di tanami tanaman jeruk nipis guna mencegah gajah tidak melewati pagar,” katanya.

Solusi itu di nilai dapat mencegah gajah liar kembali masuk ruas Tol Pekanbaru-Dumai sehingga gajah liar masuk tol seperti pada Senin (15/2) lalu tidak terulang.

Seperti di ketahui, seekor gajah terekam kamera warga saat menyeberang di Km 73 ruas Tol Pekanbaru-Dumai. Gajah itu di sebut melintasi di ruas tol karena jalur khusus yang di siapkan untuk gajah terendam air.

Terlihat sebuah mobil mengurangi laju kendaraan saat gajah melintas. Gajah melintas dari arah kantong gajah Giam Siak Kecil menuju Balai Raja Bengkalis.