Gratis, Lanal Dumai Buka Penerimaan Calon Taruna AAL Tahun 2021

Lanal Dumai

Menit.co.id – Dalam rangka pemenuhan organisasi Tentara Nasional Indonesia (TNI) khususnya TNI Angkatan Laut (AL), Lembaga Penyediaan Tenaga TNI AL (Lapetal) melalui Lanal Dumai kembali membuka penerimaan prajurit calon Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tahun 2021.

Pembukaan penerimaan prajurit TNI AL, ini serentak dibuka di Panda Lanal seluruh Indonesia.

Sedangkan khusus di Provinsi Riau, TNI AL dalam hal ini Lanal Dumai membuka pendaftaran bagi putra-putri yang memenuhi syarat diberikan kesempatan untuk bergabung menjadi prajurit TNI Angkatan Laut.

Pendaftaran dibuka secara online melalui website al.rekrutmen-tni.mil.id mulai tanggal 12 April sampai 7 Mei 2021 dan dilaksanakan validasi pada tanggal 19 April sampai 7 Mei 2021.

Atau calon pendaftar bisa langsung datang di Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal Dumai) di Jalan Yos Soedarso No. 01 Kelurahan Buluh Kasap, Kecamatan Dumai Timur, Kota Dumai dan Tel/WA: 081268550008. Kemudian Posko Pendaftaran Pekanbaru berada di Jalan Siberut No.06 Kelurahan Simpang Empat, Kecamatan Pekanbaru Kota, Pekanbaru-Riau.

Komandan Lanal Dumai Kolonel Laut (P) Himawan MMSMC menegaskan ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh para calon pendaftar.

Berikut syarat bagi calon Taruna ALL Tahun 2021 :

1.    Warga Negara Indonesia (WNI)

2.    Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

3.    Setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara RI Tahun 1945

4.    Usia maksimal 22 tahun dan minimal 17 tahun 9 bulan pada saat pembukaan Pendidikan Pertama tanggal 03 Agustus 2021

5.    Berkelakuan baik dan tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polres setempat)

6.    Tinggi badan minimal 163 cm dan berat badan seimbang. (Lebih lengkap persyaratan bisa dilihat langsung di website al.rekrutmen-tni.mil.id)

Lebih lanjut Danlanal Dumai Himawan menegaskan, pada pelaksanaan seleksi calon prajurit TNI AL, tim Panitia dari Lapetal dan Lanal Dumai akan berkomitmen untuk menjalankan proses rekrutmen prajurit secara profesional, objektif dan transparan dengan memegang teguh aturan seleksi yang ketat untuk mendapatkan calon Taruna dan Tamtama PK terbaik sesuai dengan persyaratkan yang ditentukan.

Selain itu, yang lebih penting, pendaftaran calon Taruna AAL Tahun 2021 ini bersifat gratis tanpa dipungut biaya apapun.

“Nantinya pada saat pelaksaan tes seleksi, segala yang diperlukan sudah disiapkan panitia seleksi, mulai dari tahap pendaftaran, tahapan seleksi uji pemeriksaan administrasi, kesehatan I, kesehatan II, kesehatan jiwa, uji jasmani, mental idiologi, psikologi, hingga sidang parade dan penentuan akhir (pantukhir) daerah,”papar Danlanal.

Untuk itu, Danlanal mengingatkan agar para peserta dan orang tua peserta seleksi, untuk waspada dan mengabaikan bila ada pihak-pihak tertentu yang menawarkan jasa atau bantuan bisa meloloskan peserta dalam saringan masuk menjadi Taruna PK TNI AL dengan meminta sejumlah uang atau barang tertentu.

“Kami pastikan jika ada pihak-pihak tertentu menawarkan jasa atau bantuan bisa meloloskan itu adalah penipuan.Segera laporkan hal tersebut ke pihak panitia atau pihak berwenang untuk ditindak tegas,” pungkasnya.