Program Guru Penggerak Angkatan 7 Tahun 2022 Resmi Dibuka

Pemerintah resmi membuka program Guru Penggerak angkatan 7 tahun 2022. Bagi kalian yang ingin menjadi kepala sekolah ikuti program guru penggerak ini.

Program Guru Penggerak

Menit.co.id – Program Guru Penggerak angkatan 7 tahun 2022 resmi di buka. Ini adalah program khusus dari pemerintah untuk para guru di tanah air.

Pemerintah telah membuka pendaftaran sekolah guru penggerak angkatan 7. Sekolah guru penggerak angkatan 7 ini merupakan program untuk guru.

Bagi guru yang mengikuti program ini bakal menerima banyak manfaat. Yaitu dapat menjadi kepala sekolah, karena ini menjadi syarat wajib menjadi kepala sekolah.

Adanya program guru penggerak tercantum pada edaran resmi Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, mengenai rekrutmen calon guru penggerak angkatan 7, pada Jumat, 4 Maret 2022.

Pembukaan surat tersebut menjelaskan tentang penindaklanjutan peluncuran kebijakan Merdeka Belajar Episode kelima: Guru Penggerak.

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kemendikbud Ristek menyelenggarakan pendidikan guru penggerak (PGP) angkatan 7.

Adanya kebijakan PGP ini di peruntukkan untuk menghasilkan guru penggerak yang berperan menggerakkan komunitas belajar guru di sekolah dan di wilayahnya.

Kemudian menumbuhkan kepemimpinan murid untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila. Untuk PGP angkatan 7 ini berlangsung di 446 kabupaten/kota.

Artinya tidak semua guru dapat mendaftar dalam program tersebut. Hal ini tergantung, apakah kuota kabupaten/kota guru masuk dalam angkatan tujuh PGP.

Awalnya PGP ini di laksanakan selama sembilan bulan, namun di ubah oleh Kemendikbud Ristek menjadi enam bulan.

Untuk mode dalam program PGP ini menjadi daring dan luring, sehingga akan ada kombinasi dari kedua metode tersebut.

Kuota PGP ini menjadi 20.000 peserta yang akan direkrut menjadi guru penggerak. Kemudian selama pendidikan, guru tetap wajib menjalankan tugas pokoknya dan fungsinya di sekolah masing-masing.

Untuk proses pendaftaran guru penggerak terdapat dua tahapan yang dapat dilakukan oleh guru, yakni:

Tahapan pertama, yaitu registrasi, pengisian dan penilaian biodata, dan penilaian esai

Tahap kedua, yaitu penilaian simulasi mengajar dan wawancara

Para guru yang ingin mendaftarkan diri dapat di lakukan dari tanggal 14 Maret hingga 15 April 2022.